Upload Image di Yii2 | KafeinKode

Kursus bahasa arab berkualitas

Upload Image di Yii2

Anonim Sun, January 10, 2016 1 comment 2,258 views



Halo sobat semuanya, sudah hampir 2 minggu saya vakum dari kegiatan blogging, dan sekarang saya kembali lagi dengan membawa materi atau pembahasan seputar cara upload image di Yii2. Pada artikel kali ini saya hanya ingin memperjelas artikel tentang cara upload image dan file di framework Yii2 yang tertulis di guide Yii2 itu sendiri. Karena menurut saya artikel tersebut kurang jelas, maka akhirnya saya perjelas, ya kurang lebih begitulah. Itulah maksud dari apa yang saya tuliskan kali ini tentang cara upload image di Yii2, atau upload file di Yii2.

Upload Image di Yii2

Ok, langsung saja sob. Pertama-tama yang harus sobat lakukan sebelum sobat mencoba untuk upload image di yii2 adalah membuat tabelnya terlebih dahulu. Kemudian kita buat satu buah field saja, lalu isikan nama fieldnya dengan ‘foto’, sedangkan type fieldnya mediumblob.

Upload-Image-di-Yii2

Setelah field dibuat, maka langkah selanjutnya adalah membuat rule. Pembuatan rule, bisa dilakukan dengan membuat model. Dan dalam pembuatan model untuk upload image ini usahakan sobat membuatnya secara terpisah. Karena berdasarkan pengalaman saya ketika saya jadikan satu rule image dengan dengan rule field yang lainnya, error terus entah kenapa. Sobat bisa isikan rulenya seperti ini:
fot

Kemudian yang tak kalah pentingnya yaitu buat sebuah folder, dan beri nama ‘uploads’ di direktori web. Kegunaan folder ini adalah untuk menampung gambar yang diupload. Dalam masalah upload gambar, cara kerjanya seperti ini: Jika gambar berhasil diupload, maka gambar akan disimpan di dalam folder uploads tadi. Lalu di database, apanya yang disimpan? Yang disimpan adalah teksnya, bukan gambarnya.

Folder sudah dibuat, dan rule pun sudah dibuat, kini saatnya kita membuat formnya. Untuk membuat formnya sobat bisa mengetikkan kode di bawah ini:
vew

Kemudian, tak lupa agar form atau view bisa dijalankan, kita harus membuat actionnya di controller. Taruhlah jika nama viewnya adalah create.php, maka kita beri nama functionnya actionCreate(). Untuk kode selengkapnya sobat bisa lihat di bawah ini:
act

Dengan demikian selesailah sudah cara membuatĀ  fitur upload image di yii2. Ya, sesimple itu. Jika ada yang kurang dipahami, silahkan bertanya.

Sekian,
Semoga bermanfaat.

Kursus bahasa arab berkualitas

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. aziz.masruhan@gmail.com'

    gan kalo untuk updatenya gimana? apabila file imagenya di ganti atau tidak diganti

    Reply