Untuk Menjadi Programmer Haruskah Kuliah | KafeinKode

Kursus bahasa arab berkualitas

Untuk Menjadi Programmer Haruskah Kuliah

Anonim Thu, September 17, 2015 No Comments 1,537 views



Banyak dari kita yang masih bingung sebenarnya, khususnya yang baru terjun di dunia IT, mereka bertanya “untuk menjadi programmer haruskah kuliah?”. Jawabannya adalah: “TIDAK PERLU”. Mengapa bisa begitu? Simak penjelasannya di bawah ini!

Mahasiswa IT tanpa skill coding bagaikan air laut tanpa garam, begitulah analogi yang tepatnya. Tapi nampaknya analogi ini tidak diterapkan di beberapa kampus IT di Indonesia atau bisa jadi di semua kampus IT di Indonesia. Skill coding di sana kualitasnya nomor dua, atau lebih tepatnya tidak ada kualitasnya sama sekali. Untuk mengetahui buruknya kampus IT di Indonesia serta perbandingannya dengan kualitas kampus IT di Jepang, sobat bisa membacanya di http://romisatriawahono.net/2009/04/13/wajibnya-skill-coding-bagi-mahasiswa-computing/

Untuk-Menjadi-Programmer-Haruskah-Kuliah

Lalu apa yang dipelajari di kampus-kampus IT di Indonesia?

Singkatnya, mata kuliah yang kita pelajari di Indonesia lebih menitikberatkan pada teori dan konsep. Kita lebih dilatih untuk menjadi system analyst daripada programmer. Seperti halnya dalam membangun suatu gedung, programmer yang menjadi kuli bangunannya, sedangkan insinyur atau mandor yang menjadi system analystnya. Memang bagus sih, melatih mahasiswa untuk menjadi system analyst, tapi sekali lagi, saya sangat sangat setuju dengan pernyataan pak Romi, ketika ada dosen atau peneliti di kampus yang mengatakan bahwa coding dan programming tidak wajib bagi mahasiswa jurusan computing, itu sebenarnya menciderai dunia kurikulum IT di Indonesia.

Jadi kesimpulannya

programmer dan system analyst itu berbeda. Jika sobat ingin menjadi system analyst, kuliah bisa jadi solusi. Tapi sebaliknya, jika sobat ingin mendalami coding, sobat tidak perlu kuliah. Sobat belajar otodidak sendiri saja. so, untuk menjadi programmer haruskah kuliah? jawabannya: “JELAS TIDAK PERLU”. Satu kata yang perlu sobat ketahui, hacker adalah programmer, programmer yang benar-benar mendalami code, bukan yang paham setengah setengah. Dan untuk menjadi hacker, sobat tidak perlu kuliah. Karena di kampus sama sekali tidak diajarkan teknik ngehack, mata kuliah programming pun cuma seuprit, selebihnya teori, teori dan teori, teori basi yang banyak bertebaran di internet. Dan anehnya, di kampus banyak sekali teori-teori yang tidak ada kaitannya dengan komputer. Sobat bisa lihat, ketika sobat mencicipi bangku kuliah IT di Indonesia, sobat akan disuguhi mata kuliah akuntansi, agama, PPKN, bahasa Indonesia, bahasa inggris, dan masih banyak lagi mata kuliah yang OOT, yang gak ada sangkut pautnya dengan komputer. Kalo sobat masih punya mata hati, pastinya sobat akan mencap buruk sistem pendidikan IT di Indonesia.
Dari apa yang saya paparkan di atas, jadi semuanya kembali lagi ke sobat, sobat kuliah IT untuk apa? Untuk jadi system analyst? Oke. Atau untuk ijazah? Oke juga. Tapi kalo untuk ilmu? Jika sobat kuliah di kampus-kampus swasta, jangan harap sobat dapat ilmu yang dalam!! Ijazah yang sobat dapatkan pun hanya berlaku di Indonesia, tidak diakui di luar negeri.

Satu lagi sob, kampus yang saya riset di sini adalah salah satu kampus swasta jurusan sistem informasi atau manajemen informatika, jadi sobat jangan mengkaitkannya dengan kampus negeri semacam ITB, ITS, UGM dan semacamnya. Sobat kalau memang ingin mendalami suatu ilmu, lebih baik sobat kuliah di kampus-kampus negeri, jangan di swasta, lebih baik lagi kalo sobat bisa kuliah di kampus-kampus luar negeri sekelas harvard. Pastinya setelah lulus, sobat bisa jadi orang.

Sekian sob.
Semoga bermanfaat.

Kursus bahasa arab berkualitas

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *