Untuk Menjadi Programmer, Haruskah Bisa Matematika? | KafeinKode

Kursus bahasa arab berkualitas

Untuk Menjadi Programmer, Haruskah Bisa Matematika?

Anonim Mon, August 24, 2015 8 Comments 5,216 views



Saya jadi teringat pertanyaan ini ketika saya memutuskan untuk berkarier di dunia IT dan memasuki dunia pemrograman, “untuk menjadi programmer, haruskah bisa matematika?”. Sekilas pertanyaan ini terlihat simpel, tapi tidak bisa Anda jawab hanya dengan sebatas jawaban “ya” atau “tidak” saja. Perlu Anda jelaskan dan Anda jabarkan tentang dunia programming yang sesungguhnya, sebenarnya seseram dan sesulit apa?

Jika pada artikel sebelumnya Saya telah menulis dan membahas segala hal yang terjadi di dunia pemrograman, pahit getirnya usaha untuk mencapai puncak, karakter-karakter setiap manusia dan usahanya untuk mencapai puncak, juga syarat-syarat yang harus ditempuh untuk menjadi programmer yang handal (http://kafeinkode.com/syarat-menjadi-programmer/). Maka pada pembahasan kali ini saya akan lebih menitikberatkan pada penggunaan matematika dalam mempelajari bahasa pemrograman. Sepenting apakah?

Untuk-Menjadi-Programmer,-Haruskah-Bisa-Matematika?

Penggunaan matematika dalam bahasa pemrograman sangatlah penting, sekali lagi saya tekankan, sangat penting! Namun haruskah kita mempelajari matematika sampai menyelam ke dasarnya? Pertanyaan tersebut kembali lagi kepada suatu program yang ingin Anda buat. Apakah program tersebut melibatkan operasi dan rumus matematika yang kompleks, ataukah tidak? Jika program yang ingin Anda buat melibatkan operasi matematika yang sangat kompleks, maka Anda diwajibkan untuk paham matematika secara mendalam, bahkan tidak hanya matematika, ilmu fisika pun terkadang pada beberapa kasus Anda harus memahaminya.

Di antara contoh pembuatan program yang melibatkan operasi matematika dan fisika yang sangat kompleks adalah pembuatan aplikasi game, untuk menghasilkan efek-efek yang menawan dan sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya, seperti halnya: Bagaimana menampilkan efek dan reaksi yang sesuai dengan kenyataan jika mobil yang dikendarai dengan kecepatan 190 Km perjam menabrak suatu kedai kopi?, Bagaimana menampilkan efek gerak yang sesuai dengan kenyataan jika suatu mobil dikendarai dengan kecepatan 30 Km perjam, 80 Km perjam, 120 Km perjam, dst? Ini semua jelas-jelas diperlukan pemahaman matematika dan fisika yang cukup mendalam.

Namun jika aplikasi yang ingin Anda buat hanya seputar CRUD database, autentikasi user dengan form login, cetak laporan, dan lain sebagainya, maka Anda tidak diwajibkan untuk memahami matematika dan fisika secara mendalam.

Singkatnya, matematika wajib yang harus dipahami oleh setiap orang yang ingin menjadi programmer adalah:

1. Logika.
Kita semua pasti mengetahui arti dari logika itu sendiri seperti apa? Agar rumah kita tidak disatroni oleh maling, ya logikanya kita kunci pintunya, jendelanya, atapnya dll, jangan kasih celah sedikitpun untuk maling.

Begitu juga dalam membuat suatu program, agar seorang user tidak dapat mengakses akun user yang lain ya logikanya adalah dengan membuat form login, dan setiap user yang ingin mengakses akunnya harus melalui form login terlebih dahulu, jika data dan password yang diinput sesuai dengan apa yang tersimpan pada database, maka sistem mengizinkannya masuk, jika tidak sesuai? Tentunya sistem dengan sendirinya melarang si user tadi untuk masuk ke akun yang ia inginkan. Jika dia terus bersikeras untuk masuk, terlebih lagi dengan cara dan teknik-teknik yang terlarang berarti dia adalah maling, dan inilah yang disebut dengan hacker atau cracker. Itu logikanya.

Logika adalah bagian dari matematika, dan selalu kita pakai dalam kehidupan sehari-hari, jadi tidak usah takut dengan matematika logika.

 

2. Algoritma
Algoritma merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Sama seperti halnya logika, algoritma pun merupakan bagian dari ilmu matematika, dan selalu kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh simpel dari algoritma yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah memasak mie. Untuk memasak mie, algoritmanya adalah:

1. Jika tidak punya mie, beli mienya terlebih dahulu, atau kalo pengen yang gratisan minta mienya ke temen.
2. Jika sebungkus mie mentah sudah ada di tangan, maka langkah berikutnya adalah membuka mie tersebut.

Langkah ketiga dan seterusnya, silahkan Anda lanjutkan sendiri. Inilah yang disebut dengan algoritma.

Algoritma pun digunakan dalam membuat suatu program. Contoh simpelnya adalah: untuk membuat form login, maka algoritma yang harus dilakukan adalah:

1. Desain formnya terlebih dahulu
2. Buat databasenya.
3. Buat tabel login

Dan seterusnya,…
Itulah salah satu penggunaan algoritma dalam membuat suatu program.

 

3. Dasar Matematika
Untuk menjadi programmer haruskah bisa matematika? Dasar matematika juga mutlak harus dikuasai oleh setiap orang yang ingin menjadi programmer, karena dasar matematika mutlak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya penjumlahan, perkalian, pembagian dan semacamnya. Hal-hal semacam itu sering kita jumpai ketika kita membuat program.
Nah, tiga itulah, dasar dan fondasi matematika yang harus dipenuhi oleh setiap programmer, adapun pemahaman matematika dan fisika yang mendalam hanya dibutuhkan pada kasus-kasus pembuatan aplikasi-aplikasi tertentu, seperti pembuatan aplikasi game seperti yang kita sebutkan di atas dan semacamnya.

 

Mungkin itulah penjelasan tentang pentingnya matematika dalam membuat program. Semoga Anda tidak lagi dibuat bingung oleh masalah ini ketika Anda baru mengenal dunia pemrograman.

 

Akhir kata, semoga bermanfaat.

Kursus bahasa arab berkualitas

8 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Pingback: Syarat Menjadi Programmer | KafeinKode

  2. fabregas2395@gmail.com'

    jadi ternyata memang butuh penguasaan matematika ya… makanya kuliah IT butuh pemahaman dari jurusan IPA hehe

    Reply
    • seadclark@gmail.com'

      Ya, benar. Secara mutlak matematika main. Tapi dalam kasus-kasus tertentu tidak perlu menguasai matematika. Cukup logic dan algorithm nya kuat itu sudah cukup. Dan dalam kasus-kasus tertentu butuh penguasaan matematika kalkulus dan semacamnya. Itu akan bermanfaat untuk membuat aplikasi aplikasi besar sekelas adobe reader misal, adobe photoshop, microsoft office dan lain-lain. Singkatnya, peranan mempelajari matematika dalam ilmu komputer itu lebih ke logikanya. Gambarannya seperti ini, dalam ilmu matematika ada beberapa rumus, lalu kita dihadapkan pada beberapa soal tertentu. Kita dituntut untuk memilih mana rumus yang sesuai dengan soal tersebut. Begitu juga dengan programming, ada miripnya dengan kasus di atas. Dan satu lagi, untuk masuk kuliah komputer, tidak perlu harus jebolan IPA. Kalo sampean suka ngoprek dan tertarik untuk mempelajarinya itu udah jadi modal utama sampean untuk sukses. Yang penting ada kemauan dan semangat yang tinggi. InsyaAllah bisa

      Reply
  3. glendymekanik@yahoo.com'

    matematika -_- aku ga bisa :3

    Reply
  4. ilhamnuragustian01082002@gmail.com'

    maksudnya kita cuman butuh sistem operasi matematikanya ajah,…? kalo yang kaya bangun ruang,garis singgung lingkaran,,,dll kaya gitu perlu gak sih..? //coment…

    Reply
    • seadclark@gmail.com'

      Kita belajar matematika untuk mengasah logika biar kita reflek logika, biasanya yang musti kita pelajari adalah kalkulus. Mengenai bangun ruang, garis singgung dll, jika proyek kamu berkenaan dengan itu ya harus dipelajari, jika gak berkaitan ya gak usah dipelajari

      Reply