Tips Menjadi Web Designer – Cara Desain Web

Saad Abdurrazaq Fri, July 17, 2015 No Comments 2,701 views
Tips-Menjadi-Web-Designer-–-Cara-Desain-Web

Berawal dari pengalaman saya kurang lebih sekitar 2-3 tahun Saya mempelajari cara desain web, terbesit di pikiran Saya untuk menuangkan tips menjadi web designer – cara desain web atau web desainer cara desain web dan tips tentang usaha dan cara yang Saya tempuh untuk menjadi web designer yang handal.

Jika kita berbicara desain, maka pasti kita akan mengatakan bahwa desain merupakan seni, untuk menjadi web designer Рcara desain web yang handal seperti halnya bermain musik, hacking, dan olahraga, kesemuanya merupakan seni. Sedangkan seni sendiri merupakan suatu ilmu yang melibatkan kreativitas. Semakin kreatif seseorang, maka karya yang dihasilkan akan semakin indah, mempesona dan membuat orang takjub. Dari sisi musik bisa Anda lihat bagaimana seorang Ariel Noah dan para musisi sekelasnya dapat menciptakan banyak lagu-lagu yang indah dan membuat lirik-lirik lagu yang mendalam. Dari sisi olahraga yaitu sepakbola, kita bisa melihat bagaimana seorang Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan pemain-pemain sekelasnya dapat menyajikan teknik dan skill yang menawan yang membuat mata kita takjub ketika kita menyaksikan aksi-aksi mereka di lapangan. Dari sisi hacking kita bisa melihat aksi-aksi hacker-hacker kelas dunia mereka dapat menembus suatu sistem dan menyadap data-data dengan mudahnya, dan masih banyak lagi yang tidak bisa Saya sebutkan di sini. Semua yang mereka lakukan tak lepas dari yang namanya kreativitas dan bakat yang mereka miliki, dengannya mereka dapat menghasilkan karya-karya seni yang begitu indah dan menakjubkan.

Demikian halnya dengan desain, desain merupakan seni yang tak lepas dari yang namanya bakat dan kreativitas. Kita tidak panjang lebar dalam membahas seni, untuk menjadi web designer Рcara desain web yang handal pun merupakan seni. Saya hanya ingin menyampaikan gambaran tentang seni, dan desain web merupakan bagian dari seni. Berikut Saya akan paparkan langkah-langkah yang bisa Anda tempuh untuk menjadi web designer berdasarkan pengalaman Saya yang mungkin bisa Anda ambil manfaat dan bisa Anda ikuti jejak dan cara Saya dalam mempelajari cara desain web khususnya bagi yang masih pemula dan tidak tahu apa-apa dalam masalah desain web. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pelajari HTML dan CSS.
HTML dan CSS merupakan skill yang wajib dikuasai oleh siapa saja yang mengaku dirinya sebagai web designer. Walaupun sudah banyak tool-tool untuk mendesain web yang bertebaran seperti halnya dreamweaver, cukup dengan drag dan drop saja kita sudah bisa mendasain web tanpa harus dipusingkan dengan kode-kode HTML dan CSS. Namun coba Anda pikirkan, alangkah anehnya jika Anda mengaku sebagai web designer yang handal tetapi Anda buta dengan HTML dan CSS. Apa kata dunia? Saran saya pelajarilah HTML dan CSS terlebih dahulu! Ada banyak ebook dan tutorial di internet untuk mempelajari HTML dan CSS. Karena belajar komputer itu sistemnya learning by doing, maka Setelah Anda selesai membaca dan memahami teorinya, prakteklah! Anda bisa mempraktekkannya dengan membuat suatu halaman website yang menawan pure dengan HTML dan CSS, coding dari nol, agar Anda benar-benar menguasai HTML dan CSS.

2. Pelajari jQuery.
Jika di zaman awal-awal munculnya komputer dan internet, website masih dibuat hanya dengan menggunakan HTML dan terlihat masih sangat kuno baik dari segi tampilan maupun fitur, namun pada era ini, HTML dan CSS tidaklah cukup untuk membuat website yang atraktif, kita juga membutuhkan jQuery agar website yang kita buat lebih atraktif dan lebih hidup. Ini merupakan langkah kedua yang harus Anda pelajari setelah Anda sudah benar-benar menguasai HTML dan CSS. Anda pastinya sudah tidak asing lagi mendengar istilah dialog box, iklan melayang, slideshow dan semacamnya, jQuery mempunyai peran besar dalam hal ini.

3. Pelajari Framework Bootstrap.
Jika dirasa skill dan pengetahuan Anda tentang HTML dan CSS sudah mumpuni, Anda bisa mencoba framework bootstrap yang bisa Anda download di http://getbootstrap.com kemudian Anda jalankan di localhost. Framework adalah kerangka kerja yang memudahkan pengembang menjalankan tugas atau pekerjaannya. Anda akan benar-benar merasakan begitu powerfullnya suatu framework ketika Anda sudah mempelajari dasar-dasarnya sebelumnya. Oleh karena itu, mengapa Saya sarankan Anda untuk mempelajari HTML dan CSS terlebih dahulu, baru kemudian framework.

4. Buatlah Template Blogger, WordPress, Drupal dan Semacamnya.
Langkah yang ketiga ini merupakan bentuk pengaplikasian dari langkah-langkah sebelumnya. Dengan Anda membuat template-template tadi, kemampuan dan kreativitas Anda akan diasah, teruslah belajar dan berkreasi agar Anda terus berkembang dan mempunyai skill dewa. Selanjutnya dengan skill yang Anda miliki Anda bisa membuat website jual beli template sekelas mythemeshop.

5. Pelajari Photoshop, GIMP, Dreamweaver, Corel Draw dan Semisalnya.
Pada langkah yang keempat ini, agar darah desain semakin melekat pada diri Anda, tak ada salahnya Anda belajar menggunakan tool-tool yang tadi Saya sebutkan. Tool-tool seperti GIMP, photoshop, dan corel draw akan sangat bermanfaat dan diperlukan untuk membuat suatu warna, mendesain logo, membuat gambar dan mendesain halaman web, namun jika Anda tidak ingin repot-repot melakukan pekerjaan-pekerjaan tadi atau Anda tidak mempunyai kreatifitas, Anda bisa mencuri, membajak, atau meniru logo, gambar, perpaduan warna pada suatu website yang bisa Anda cari di google. Ada banyak website yang bisa Anda jadikan inspirasi dan Anda tiru desainnya.

6. Mengkhayallah dan Berkreasilah! Tunjukkan Karya Desain yang Murni Hasil Kreasimu!
Nah, inilah yang sulit bro! hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menciptakan desain yang berkelas. Karena sekali lagi, inilah yang namanya seni! Sedangkan kita-kita yang minim kreatifitas mungkin kita hanya bisa meniru desain orang lain lalu mengembangkannya sedikit-sedikit.

Itulah mungkin 6 poin yang bisa Saya sebutkan di sini, tentang cara-cara atau langkah-langkah bagaimana cara mendesain web. Bagi Anda yang masih pemula saya harapkan Anda sudah tidak bingung lagi setelah membaca dan memahami poin-poin di atas. Pada artikel selanjutnya kita in sya Allah akan membahas seputar masalah web design part 2.

Is a web enthusiast from Indonesia. kafeinkode was created and written by Saad Abdurrazaq, it is built on WordPress. Love working with WordPress, programming, blogging, internet marketing, and all about computer soft skills.

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *