Syarat-syarat Menjadi Seorang Blogger yang Sukses

Saad Abdurrazaq Mon, September 21, 2015 6 Comments 1,352 views
Syarat-syarat-Menjadi-Seorang-Blogger-yang-Sukses

Mengingat akan sulitnya jalan yang ditempuh agar sukses di bidang blogging, akhirnya beberapa hari yang lalu saya coba untuk menuliskan suatu artikel tentang syarat-syarat yang harus ditempuh untuk menjadi seorang blogger. Artikel tentang syarat-syarat menjadi seorang blogger yang sukses ini ditujukan kepada setiap blogger pemula yang memang ingin sukses di dunia blogging, di dalamnya saya sebutkan syarat-syarat dasar atau yang biasa disebut dengan fondasi, manakala fondasi yang kita bangun sudah kuat, maka insya Allah seiring berlalunya waktu dengan sendirinya sobat blogger akan mendapatkan 4 kemampuan wajib yang harus dimiliki oleh blogger, dan tentunya dapat memberikan manfaat dan keuntungan pada diri sendiri. Apa saja syarat sukses ngeblog? syarat-syarat yang harus ditempuh untuk menjadi seorang blogger ? dan syarat-syarat menjadi seorang blogger yang sukses ? ada 5 syarat yang wajib dipenuhi, Syarat-syarat tersebut adalah:

1. Syarat-syarat menjadi seorang blogger yang sukses adalah Kerja keras.

Kerja keras ini memang mutlak harus ada dan dibutuhkan di setiap keadaan. Apapun keadaannya, baik itu di bidang kedokteran, agama, komputer, dan di semua bidang lainnya, jika sobat ingin sukses, sobat harus bekerja keras. Sobat tentunya pernah dengar kata-kata mutiara dari imam syafi’i, beliau mengatakan:

“Sesuai dengan kadar kesusahan, kesuksesan dapat diraih. Dan siapa orangnya yang ingin sukses, maka dia harus begadang”

dari perkataan ini, kita bisa ambil kesimpulan bahwa semakin besar dan keras kesusahan dan kepayahan yang kita alami, maka semakin dekat kita dengan keberhasilan, begitu pula sebaliknya.
Pun untuk menjadi blogger yang sukses tidaklah mudah, banyak blogger yang jatuh bangun meningkatkan kualitas blognya, seperti apa perjalanan mereka? di akhir kata saya akan menyertakan salah satu kisah perjuangan seorang blogger yang kini telah sukses, tentunya setelah ia merasakan pahit getirnya sebuah perjuangan.

2. Pantang menyerah.

Kita sendiri sudah sering melihat betapa banyak blogger yang menelan kegagalan demi kegagalan, ada yang websitenya dihack orang berkali-kali, padahal dia sudah bisa mendatangkan visitor banyak, pernah ada juga yang akun adsensenya dibanned berkali-kali oleh google tanpa sebab yang jelas, ada yang sampai ditolak adsense berkali-kali, ada yang sampai kehabisan topik, akhirnya kebingungan mau menulis apa dan segudang permasalahan permasalahan lainnya yang membuat kita frustasi dan menjadikan hati kita terasa sempit, namun seorang blogger yang handal adalah mereka yang pantang menyerah, tak peduli dengan segudang kegagalan yang ia dapat, ia tetap terus menulis dan berbagi informasi melalui blognya. Ingat sob, keberhasilan itu terdiri dari 99% kegagalan, sedangkan 1%nya sukses, banyak orang yang memutuskan untuk menyerah dan tidak melanjutkan perjalanannya, padahal jalan untuk menuju sukses sudah sangat dekat. Tetap semangat sob! dan pantang menyerah!

3. Menyukai kegiatan blogging dan segala hal yang berbau komputer.

Nah, ini yang paling penting sob. Karena ini kaitannya dengan passion, sehingga walaupun beribu-ribu kegagalan ia alami, beribu-ribu jam ia bekerja keras, ia tidak peduli, ia akan tetap maju dan pantang berhenti di tempat. Faktor inilah yang membuatnya di kemudian hari ia akan meraih kesuksesan.
Satu hal yang perlu saya tekankan di sini, bahwa kegiatan blogging itu tidak lepas dari kegiatan menulis, dan segala hal yang berbau komputer seperti SEO, internet marketing, bisnis online, dan web development, maka sudah selayaknya sobat memiliki passion pada semua bidang yang saya sebutkan tadi.

4. Suka berpikir dan berinovasi.

Tentu saja, karena blogging ini kaitannya dengan menulis, strategi, ide dan inovasi, maka mau tidak mau untuk mendapatkan semuanya sobat harus terus berpikir dan berpusing ria, sehingga kerja kerasnya seorang blogger di samping menulis, ia juga belajar dan berpikir, berpikir bagaimana menulis suatu artikel dengan gaya bahasa yang disukai orang,  berpikir bagaimana artikel-artikel yang ia tulis dapat nangkring di halaman pertama google, berpikir juga tentang strategi internet marketing dan bisnis online, berpikir, berpikir, berpikir dan terus belajar, itu intinya.

5. Ngeblog sebagai hobi dan kebutuhan, bukan karena uang.

Syarat terakhir dari saya untuk setiap blogger pemula yang ingin sukses adalah, jadikan aktivitas ngeblog sobat sebagai hobi, bukan karena uang. Mengapa? karena ini kaitannya dengan proses sob. Seorang yang berhasil adalah yang bisa menikmati prosesnya daripada hasilnya. Bagi blogger pemula, untuk mendapatkan uang dari ngeblog tergolong bukanlah hal yang mudah lho! butuh proses yang panjang. Satu hal yang saya takutkan dari sobat, jika sobat ngeblog dikarenakan ambisi yang menggebu-gebu karena uang; sobat tidak bisa menikmati prosesnya, sehingga ujung-ujungnya sobat kerap melakukan hal-hal yang merugikan sobat sendiri, berawal dari terus menerus mengeluh karena tidak mendapatkan uang, kemudian terbesit untuk menggunakan teknik-teknik terlarang, dan pada akhirnya yang didapat adalah kerugian yang kembali pada sobat sendiri.
berbeda halnya jika sobat benar-benar menikmati prosesnya, tahap demi tahap sobat menikmatinya, maka dengan sendirinya uang akan mendekat dan jatuh cinta kepada sobat, jadi sobat tidak perlu capek-capek mengejar uang, uang yang seharusnya mengejar sobat.

Itulah mungkin 5 syarat yang harus sobat penuhi, bagi sobat yang masih pemula di dunia blogging, 5 syarat tersebut saya dapatkan berdasarkan pengalaman saya sejauh ini dalam mengenal dunia blogging. Sebelum saya tutup, saya ingin memberikan sebuah kisah inspirasi dan motivasi dari seorang blogger, bagaimana ia benar-benar menikmati kegagalan demi kegagalan, dan kini dari kegagalan-kegagalan tersebut, berbuahlah kesuksesan yang begitu manis. Blogger tersebut bernama Indri Lidiawati , seorang blogger yang mempunyai blog yang beralamatkan juragancipir.com, sobat pasti sudah tidak asing lagi kan dengan nama itu kan? Blog tersebut kini sudah tenar dan begitu terkenal. Bagaimana kisahnya? sobat bisa menyimaknya di http://juragancipir.com/about/ dan di http://juragancipir.com/perjalanan-online-saya-menjadi-seorang-publisher-adsense/, betapa pahit dan getirnya sebuah perjuangan hidup ini.

Itulah yang bisa saya sampaikan, harapan saya semoga sobat bisa terinspirasi dan termotivasi untuk terus maju dan bekerja keras, juga tidak gampang menyerah. Sekian dari saya tentang syarat-syarat yang harus ditempuh untuk menjadi seorang blogger, syarat sukses ngeblog, dan syarat-syarat menjadi seorang blogger yang sukses.

Semoga bermanfaat.

Is a web enthusiast from Indonesia. kafeinkode was created and written by Saad Abdurrazaq, it is built on WordPress. Love working with WordPress, programming, blogging, internet marketing, and all about computer soft skills.

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Pingback: 4 Kemampuan yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Blogger | KafeinKode

  2. Pingback: 10 Keuntungan dan Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Ngeblog | KafeinKode

  3. Pingback: 3 Alasan Mengapa Profesi IT Merupakan Profesi yang Cocok Bagi Introvert | KafeinKode

  4. Pingback: 4 Masalah yang Sering Dihadapi Oleh Blogger | KafeinKode

  5. akrompexal@gmail.com'

    wah, makasih bang informasinya 🙂

    Reply