Syarat Menjadi Programmer

Saad Abdurrazaq Thu, August 13, 2015 2 Comments 3,353 views
Syarat-Menjadi-Programmer

Semua bentuk kehidupan di dunia ini tak lepas dari syarat, tidak ada satu hal pun di dunia ini yang terbebas dari syarat, bahkan gratis pun sejatinya bersyarat. Untuk mendapatkan sesuatu yang bersifat gratis, Anda tak jarang harus mengeluarkan uang, namun jika upaya yang Anda tempuh untuk mendapatkan sesuatu yang gratis dengan melakukan kejahatan, maka syaratnya kejahatan yang Anda lakukan tidak boleh diketahui oleh orang lain, ini tentang gratisan, sekarang kita coba berbicara masalah lain. Untuk menjadi malaikat, syaratnya Anda harus terbebas dari kesalahan, untuk menjadi sopir kopaja, syaratnya Anda harus bisa mengendarai mobil, bahkan untuk sekedar berpura-pura menjadi gelandangan sekalipun, syaratnya Anda harus terlihat seperti gelandangan. Tak terkecuali untuk menjadi programmer, pun harus ada syarat-syarat yang harus dipenuhi agar dapat menjadi programmer yang handal. Apa syarat menjadi programmer?

Berikut syarat-syarat dan usaha-usaha yang harus Anda tempuh untuk menjadi programmer:

 

1. Menyukai Tantangan.
Syarat menjadi programmer yang pertama. Menjadi programmer tak ubahnya seperti kita menjadi pendaki gunung yang handal. Pendaki gunung yang handal selalu menyukai tantangan, satu dua gunung yang telah ia taklukkan tak menyurutkan nyalinya untuk mencoba menaklukkan gunung-gunung lain yang lebih ekstrim. Hidup di gunung itu susah, apakah kehidupan macam ini yang Anda inginkan? Tantangan yang membuat para pendaki gunung yang handal dapat mencapai puncak eferest, tantangan pula yang membuat para programmer mampu mencapai puncaknya. Hanya penyuka tantangan yang dapat menaklukkannya.


2. Tidak Mudah Menyerah dan Mempunyai Rasa Penasaran yang Tinggi
Menjadi programmer tidaklah mudah, setidaknya syarat yang kedua inilah yang harus terpenuhi, syarat tersebut memang terbilang sulit. Ada suatu pribahasa yang mengatakan “Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya”.

Ya, begitulah… Karakter manusia memang bermacam-macam dan berbeda-beda.

Anda bisa melihat, berapa banyak orang yang pada akhirnya mereka menyerah di ujung jalan setelah sekian lama menyelam ke dalam dunia pemrograman. Padahal jalan untuk menuju puncak sudah sangat dekat. Ada yang menyerah ketika sudah sampai di pertengahan jalan, ada yang terus berusaha untuk mencapai puncak sekalipun harus berjalan terseok-seok, dan ada juga yang sudah mulai menyerah ketika baru sebatas melihat medan yang akan dilaluinya.

Kerasnya dunia komputer khususnya dunia pemrograman, menuntut Anda untuk tidak menyerah dan terus memiliki rasa penasaran yang tinggi. Sains dan teknologi bukanlah ilmu static, tapi ia merupakan ilmu yang sifatnya dynamic dan senantiasa berubah dari waktu waktu. Parahnya perubahan teknologi pada ilmu komputer ini berlangsung sangat cepat. Di suatu kasus Anda baru saja menguasai satu teknologi sudah muncul teknologi lainnya yang lebih baru sehingga mau tidak mau sobat harus terus mengupgrade dan terus belajar dengan penuh antusias dan penuh dengan rasa penasaran. Efeknya Anda bisa gila dan tidak punya kehidupan.

Di bawah ini merupakan sebuah gambaran akan kerasnya perkembangan teknologi di dunia komputer, silahkan menuju https://hackernoon.com/how-it-feels-to-learn-javascript-in-2016-d3a717dd577f#.atqwr82eh untuk melihat betapa gila dan kerasnya teknologi komputer.


3. Memiliki Jiwa Pekerja Keras
Seperti yang kita ketahui, untuk menggapai keberhasilan maka dibutuhkan kerja keras, begitu juga dengan programmer. Jika upaya yang dilakukan untuk menggapai keberhasilan dalam hal-hal tertentu hanya dapat dilakukan dengan bekerja keras, maka upaya yang dilakukan hanya untuk sekedar menjadi programmer yang handal harus diusahakan dengan lebih keras lagi. Berapa banyak kita dapati programmer-programmer yang rela begadang untuk menciptakan suatu aplikasi? berapa banyak kita dapati programmer-programmer yang rela mencari bug yang hanya sebatas kurang “;” di antara ribuan baris kode yang ia tulis? It’s hard coding! Oleh karenanya mengapa kerja keras mutlak dibutuhkan oleh setiap programmer?


4. Suka Matematika!
Banyak orang yang menjadikan matematika sebagai momok yang menakutkan dalam kehidupannya, padahal jika kita teliti kita selalu menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari kita. Memperkirakan jarak antara suatu tempat ke tempat yang lain menggunakan matematika, menghitung uang kembalian menggunakan matematika, menetapkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk ke depannya pun menggunakan matematika, menggunakan logika dan algoritma agar rencana yang kita buat tidak hancur dan tidak bentrok, semua yang kita lakukan di dunia ini tak lepas dari matematika, apapun itu!

Adapun mengenai pentingnya penggunaan matematika dalam programming, akan saya tulis pada artikel khusus yang bisa Anda baca pada alamat ini: http://kafeinkode.com/untuk-menjadi-programmer-haruskah-bisa-matematika/


5. Jeli dan Teliti.
Jeli dan teliti ketika coding, juga ketika berupaya untuk menemukan suatu bug merupakan elemen terpenting yang harus dimiliki oleh setiap programmer. Awal mula terciptanya bug atau error salah satunya adalah karena ketidaktelitian kita dalam menulis suatu kode, statement demi statement, baris demi baris, dan itu akan berlanjut dan berbuntut pada masalah berikutnya.

Jika kita pernah mendengar suatu pepatah yang berbunyi, “lebih baik mencegah daripada mengobati”, maka pepatah ini pun saya rasa sangat pantas untuk kita terapkan dan camkan baik-baik sebelum kita mulai menyelam ke dalam lautan yang dipenuhi dengan kode-kode yang begitu rumit. Jadi lebih baik kita teliti dan cermat dalam menuliskan kode, baris demi baris, daripada pada akhirnya komputer menuntut kita untuk menemukan suatu bug yang terkadang kurang kode “;” di antara ribuan baris kode. Mengerikan bukan?


6. Menyukai Pemrograman, Kode dan Komputer Pada Umumnya.
Poin yang keenam ini merupakan syarat yang terpenting di antara kelima syarat yang telah saya sebutkan di atas, dan inilah yang disebut dengan passion. Passion yang membuat kita melupakan rasa lelah yang kita rasakan setelah sekian lamanya bekerja keras, passion yang membuat kita merasa senang dan menjauhkan kita dari rasa bosan ketika mengerjakan sesuatu, passion pula yang membedakan hasil yang didapat ketika kita mengerjakan sesuatu dengan penuh keterpaksaan dibanding dengan pekerjaan yang dilakukan dengan penuh suka cita dan hobby. Temukan passionmu, maka kau akan menemukan karpet merah yang telah Allah bentangkan untukmu.


7. Kreatif, banyak akal dan punya imajinasi yang tinggi
Pada syarat ketujuh ini sebenarnya bukan syarat mutlak, tapi mutlak dibutuhkan untuk menjadi seorang yang fenomenal. Jika diibaratkan dengan sepakbola, untuk menjadi seorang yang fenomenal dan berbeda dari pesepakbola lainnya seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, maka ada satu syarat yang musti terpenuhi yang mana syarat tersebut sifatnya unik dan hanya ada pada pemain tertentu saja. Dalam dunia komputer, syarat ini yang wajib terpenuhi jika memang sobat ingin menjadi seorang yang fenomenal dan memiliki skill di atas rata-rata.

Albert Einstein pernah mengatakan bahwa imajinasi lebih berharga daripada ilmu pengetahuan dan logika. Logika akan membawa Anda dari A menuju B, sedangkan imajinasi bisa membawa Anda kemana-mana. Karena dalam ilmu komputer, logika sangat dititikberatkan di dalamnya jauh melampaui hafalan, maka imajinasi dan kreativitas adalah dua hal yang benar-benar melengkapi kemampuan kita dalam berlogika. Tidak banyak memang orang-orang yang mempunyai daya kreativitas dan imajinasi yang tinggi, hanya orang-orang cerdas saja. Namun meskipun demikian, sobat masih punya kesempatan untuk bisa menguasai ilmu komputer dengan bermodalkan logika yang bagus tanpa melibatkan kreativitas dan imajinasi, hanya saja sobat susah untuk menjadi fenomenal tanpa adanya dua hal tadi.

Itulah mungkin 7 syarat induk (fondasi) yang harus dilakukan untuk menjadi programmer yang handal, ketujuh poin tersebut saya tuliskan murni berdasarkan pengalaman saya selama mendalami dunia pemrograman dan komputer sejauh ini.

 

Akhir kata, semoga bermanfaat!

Is a web enthusiast from Indonesia. kafeinkode was created and written by Saad Abdurrazaq, it is built on WordPress. Love working with WordPress, programming, blogging, internet marketing, and all about computer soft skills.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Pingback: Belajar Bahasa Pemrograman, Mulai Dari Mana? | KafeinKode

  2. Pingback: 3 Alasan Mengapa Profesi IT Merupakan Profesi yang Cocok Bagi Introvert | KafeinKode