Perbandingan PHP Framework

Saad Abdurrazaq Sat, October 17, 2015 1 comment 2,146 views
Perbandingan-PHP-Framework

Setelah saya menulis dan memberikan pencerahan dalam memilih framework terbaik. Pada artikel kali ini saya akan berbicara mengenai perbandingan PHP framework satu dengan yang lainnya. Kasus yang saya bahas dan ambil contoh di sini berkenaan dengan perbandingan Laravel terhadap Yii.

Seperti yang telah kita ketahui, 3 framework terbaik saat ini yaitu Laravel, Symfony dan Yii, pertanyaannya mana yang terbaik di antara tiga framework itu? Tentunya bukanlah hal yang mudah untuk menjawabnya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengupasnya secara tuntas manakah yang terbaik antara Laravel dan Yii? Dengan harapan programmer programmer yang masih newbie tidak lagi kebingungan setelah membaca artikel dan penjelasan ini. Di sini juga dibahas tentang perbandingan PHP framework lainnya.

Dilansir dari vschart.com, saya menemukan artikel menarik yang menjelaskan secara detil perbandingan antara framework terbaik saat ini, Laravel dan Yii, di dalamnya juga di bahas tentang kelebihan dan kekurangan setiap framework secara mendalam. Selain pembahasannya yang mendalam, vschart juga membahas masalah ini dengan pembahasan yang cukup menghibur dan tidak membuat kita bosan. Anda bisa melihatnya lebih detil pada artikel ini www.vschart.com/compare/laravel/vs/yii

Perbandingan PHP Framework

Setelah kita membaca artikel di atas terkait perbandingan antara Laravel Vs Yii, manakah yang terbaik? Kita bisa ambil kesimpulan bahwa:

1. Laravel lebih mudah daripada yii.
Ini merupakan perkara penting bagi setiap programmer yang menginginkan kemudahan dalam syntax penulisan code. Karena Anda bisa lihat pada tabel tadi disebutkan bahwa bahwa Yii sering membuat Anda gila, difficulty level pada Yii adalah intermediate, sedangkan pada laravel bisa ditujukan untuk beginner, Yii juga sering membuatmu marah, dan membutuhkan kopi untuk bekerja dengan Yii, Jadi jika pertimbangannya itu kemudahan code, laravel lah pilihan yang tepat, namun jika Anda menginginkan tantangan yang lebih kompleks, Anda bisa memilih Yii sebagai jalan hidup Anda.

2. Laravel dan Yii sama-sama kompleks.
Yii dan Laravel jika kita menimbangnya berdasarkan tabel di atas, semuanya sama-sama kompleks, hanya saja Yii memiliki CRUD generator yang bisa membuat CRUD hanya dengan klak klik saja, di samping itu, dalam masalah ini Yii terlihat lebih kompleks mengingat target audiencenya lebih banyak dibanding laravel.

So, pilih framework yang mana? Itu pilihan Anda. Saran saya Ada baiknya jika Anda menjadi perfeksionis dengan banyak mempelajari tools2 keren tadi. Tapi ingat, jangan sampe jadi counter produktif, kecuali Anda dibayar untk research. (saran sbg enterpreneur/proffesional. Tidak berlaku pada hoby-ist). Cuma yang menurut saya yang lebih penting adalah, pelajari satu konsep framework terlebih dahulu sampai benar-benar menguasai baru Anda boleh mempelajari FW lain. Karena semua FW konsepnya hampir semuanya sama, hampir semuanya menganut konsep MVC dan OOP.

Nah, itu tentang perbandingan Laravel Vs Yii, manakah yang terbaik? Sedangkan untuk perbandingan PHP framework yang satu dengan yang lainnya, sobat bisa melihat pada sidebar di sebelah kanan, disitu terdapat list berupa top comparisons dan top in categories yang bisa sobat bandingkan. Klik salah satu framework yang sobat kehendaki untuk sobat bandingkan.

Oh ya, vschart juga tidak hanya membandingkan framework, tapi juga membandingkan gadget dan hal-hal lain. Patut dicoba bagi yang sedang dilanda kebingungan dalam memilih sesuatu.

Sekian,
Semoga bermanfaat.

Is a web enthusiast from Indonesia. kafeinkode was created and written by Saad Abdurrazaq, it is built on WordPress. Love working with WordPress, programming, blogging, internet marketing, and all about computer soft skills.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Pingback: 5 Framework PHP Terbaik | KafeinKode