Penemuan Komputer dan Pengaruhnya Terhadap Keamanan | KafeinKode

Kursus bahasa arab berkualitas

Penemuan Komputer dan Pengaruhnya Terhadap Keamanan

Anonim Thu, October 1, 2015 No Comments 1,422 views



Penemuan komputer dan pengaruhnya terhadap keamanan , mungkin itulah judul yang tepat untuk artikel ini.
Sobat semuanya, masih ingat zaman dahulu? Zaman di mana komputer belum ditemukan dan segala hal masih dilakukan dengan cara-cara tradisional, kala itu, untuk bertukar informasi masih menggunakan burung merpati, orang-orang masih menggunakan kulit hewan dan tulang belulang untuk menulis, namun seiring berlalunya waktu, zaman pun mulai berubah ketika Charles Babbage menemukan mesin penghitung pada tahun 1979 yang merupakan cikal bakal adanya komputer seperti sekarang ini, terus disempurnakan sampai pada akhirnya ditemukanlah komputer pertama, komputer pertama yang dahulu hanya dapat digunakan untuk menghitung dan mempunyai ketinggian 8 kaki, namun kini komputer sudah multifungsi dan jauh lebih canggih, bentuknya pun sudah jauh lebih kecil dari sebelumnya.

Dibalik penemuan komputer dan perkembangannya ini, ternyata ada ancaman keamanan serius yang selalu menghantui kita. Sebenarnya masih terlalu dini bagi saya untuk membicarakan masalah keamanan komputer, mengingat saya bukan siapa-siapa, hacker bukan, security komputer pun bukan, tapi setidaknya saya masih mempunyai sedikit ilmu dan fakta untuk saya share di sini agar kita semua bisa mengambil pelajaran dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Kita semua tau, bahwa saat ini kita hidup di zaman digital, kita selalu melibatkan komputer di seluruh aspek kehidupan kita, dahulu ketika semua aspek kehidupan masih dilakukan secara tradisional, keamanan masih terjamin, tak ada itu sadap menyadap dan berbagai jenis kejahatan di dunia maya lainnya, namun kini semuanya telah terkomputerisasi, untuk menyimpan data harus menggunakan komputer, untuk mencari informasi harus menggunakan komputer, untuk menjual dan membeli suatu barang harus menggunakan komputer, bahkan untuk berkeluh kesah sekalipun kita menggunakan komputer, di zaman yang serba digital ini mustahil bagi kita untuk menjauh dari komputer.

Penemuan-Komputer-dan-Pengaruhnya-Terhadap-Keamanan

Kita kembali lagi kepada masalah keamanan komputer, sobat semuanya, agar komputer bisa terhubung dengan banyak komputer lainnya, dibutuhkan adanya internet, seperti yang kita ketahui bersama, bahwa semua konten yang ada di internet pada hakekatnya semuanya bersifat public shared, artinya bisa diakses oleh semua orang, semua dari kita bisa mengakses suatu file di manapun, kapanpun, dan melalui jalan apapun, tidak harus menggunakan komputer tertentu dan tempat tertentu untuk mengaksesnya, di manapun itu, dengan komputer apapun itu, selama komputer tersebut masih dapat terkoneksi dengan internet, itu artinya “welcome to the jungle”, internet itu liar seperti hutan dan ancamannya keamanan, banyak orang bilang ketika sudah terhubung dengan internet, mereka mengatakan, “keamanan komputer hanyalah sebuah ilusi”, dan memang seperti itu kenyataannya sob, kita bisa melihat, banyak orang yang bercapek-capek ria memproteksi webnya agar tidak dapat dicopas artikelnya, namun ternyata dapat dengan mudah dicopas dengan teknik tertentu yang saat ini sudah banyak yang tau dan menjamur di google, banyak pula orang yang memproteksi videonya agar orang lain hanya dapat melihat tetapi tidak dapat mendownload, tapi nyatanya dengan software tertentu, tinggal sekali klik saja dapat dengan mudah didownload, dulu ketika https belum secara luas digunakan, orang-orang masih menggunakan http untuk mengakses web, bug pada http kemudian ditemukan yang membuat semua orang dapat dengan mudahnya mengeksploitasi web yang menggunakan protokol http, lalu lahirlah https untuk menutup celah http, https pun secara luas mulai digunakan Pada 2010-an dan awal 2000-an, tapi tetap aja tuh, masih bisa dieksploitasi walau tidak semudah http, dan masih banyak lagi, jadi saya sendiri sangat yakin dengan sebuah perkataan yang berbunyi, “keamanan pada komputer itu hanyalah sebuah ilusi”, kuncinya itu ada pada skill, kreativitas dan sejauh mana pemahaman Anda dalam memahami sistem komputer, hal-hal yang sebelumnya Anda anggap mustahil, dengan kreativitas yang Anda miliki, semuanya bisa menjadi kenyataan, apalagi saat ini semua sistem telah terkomputerasi, ini merupakan mangsa yang empuk bagi para penjahat cyber.

Kita kasih beberapa contoh kasus nyata lagi yg mungkin akan membuat anda tercengang. Masih ingat windows 8 kalau gak salah yang dulu diklaim paling aman atau apa tuh? Namun tidak berlangsung lama sudah ada yang bisa membobolnya. Keamanan komputer FBI? Itu tinggal tunggu waktunya aja sob. Lalu, dalam film-film kita bisa dapati bahwa orang-orang yang ingin melakukan pertemuan secara rahasia, mereka pergi ke hutan, mereka matikan gadget dan mereka jauhi semua perangkat komputer, itu bukan omong kosong, itu terjadi juga di dunia nyata, tujuannya apa? Agar tidak disadap. Karena orang-orang saat ini, mereka sudah sangat pintar dalam urusan sadap menyadap, percakapan empat mata tanpa melalui telphone pun sudah bisa disadap jika ada gadget di sampingnya, sekalipun gadget tersebut dimatikan dan tidak terhubung, oleh karenanya, mengapa ketika mereka melakukan pertemuan yang sangat rahasia mereka melakukannya di hutan? Agar jauh dari manusia dan jauh dari gadget, saya mendapat informasi ini dari seorang yang bisa dikatakan sudah ahli di bidang komputer, saya pun tercengang ketika saya mendengarnya. Dan setelah saya telusuri, ternyata memang benar apa yang dikatakannya, saya menemukan sebuah file PDF yang menyarankan kepada kita untuk menjauhi gadget jika kita melakukan pertemuan-pertemuan rahasia, Anda bisa mendownloadnya di sini. 

  Cara Menggunakan Telepon Seluler Dengan Aman (64.9 KiB, 302 hits)

Di dalamnya dibahas secara detil ancaman keamanan yang terjadi pada pesawat telephone, bacalah semuanya agar Anda bisa lebih waspada.

Kemudian yang terakhir, saya akan menutupnya dengan suatu fakta yang saat ini sedang dikembangkan oleh google, apa itu? Anda tau skynet? Jika Anda belum tau, silahkan tonton film terminator genisys terlebih dahulu. Dan kabarnya, google telah mengakuisisi suatu perusahaan robot ternama untuk merealisasikan proyek skynet, sobat bisa bayangkan apa yang akan terjadi jika proyek skynet telah terealisasi? Mengerikan sob! Semuanya tinggal tunggu waktu saja.

Itulah sekumpulan fakta-fakta mencengangkan yang terjadi di zaman ini, keamanan dunia sekarang ini sudah sangat menyedihkan, Mungkin ada yang mengatakan bahwa era yang kita hidup saat ini merupakan anugerah kepada kita karena semuanya dapat dengan mudah untuk kita lakukan, tapi sesungguhnya itu merupakan bencana yang bisa berakibat sangat fatal jika kita mau berpikir, saya sudah berulang kali gadget dan komputer saya disadap oleh seseorang, semua data dan dan aktifitas saya di internet direkam semuanya, apa gak gila? Untung yang menyadap saya orangnya masih punya etika hacking, ia hanya sebatas menguji kemampuannya saja, kalo nggak? Habislah sudah.

Makanya, satu-satunya zaman yang paling aman saat ini adalah zaman batu, zaman di mana nenek moyang kita belum mengenal teknologi, semuanya masih dilakukan dengan cara manual dan dengan cara tradisional. Mau kembali ke zaman nenek moyang kita dahulu? Tunggu saja, suatu saat nanti akan datang masanya di mana kuda akan menjadi kendaraan utama kita nantinya, dan pedang akan menggantikan bom. Untuk era saat ini, kita nikmati saja dulu manfaatnya dan terima dengan ikhlas efek negatifnya, karena pada hakekatnya kita yang hidup saat ini tidak ditakdirkan untuk hidup di zaman batu, tapi ditakdirkan untuk hidup di era yang penuh dengan manipulasi dan rekayasa.

Anda bisa melihat nenek moyang kita yang hidup dan besar di zaman batu, mereka diberi kekuatan dan kelebihan oleh Allah secara alami tanpa adanya manipulasi maupun rekayasa, mereka besar dan kekar secara alami, bukan rekayasa, dengan badannya yang besar dan kekar mereka memahat gunung-gunung dan mengukirnya, tetapi coba Anda bandingkan di era sekarang ini, semuanya penuh rekayasa dan manipulasi, pisang yang belum matang sengaja direkayasa oleh sebagian orang agar terlihat matang sehingga orang-orang mau membelinya, virus komputer yang seharusnya tidak ada, eh, malah sengaja diciptakan untuk merusak komputer dan mencuri data-data pribadi penggunanya, dalam waktu yang bersamaan, anti virus pun diciptakan agar orang-orang mau membeli dan menggunakannya, ini jelas-jelas rekayasa dan manipulasi, inilah keadaan yang sesungguhnya, dan masih banyak lagi keadaan-keadaan lain jika kita mau melihatnya secara mendalam. Zaman yang kita hidup sekarang ini memang zaman yang penuh dengan manipulasi dan rekayasa. Menyedihkan…

Kursus bahasa arab berkualitas

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *