Mengenal Elemen-Elemen Website | KafeinKode

Kursus bahasa arab berkualitas

Mengenal Elemen-Elemen Website

Anonim Fri, March 27, 2015 5 Comments 5,988 views



Tak kenal maka tak sayang kata orang-orang, oleh karenanya, mari kita coba mengenal elemen-elemen website terlebih dahulu sebelum kita memasuki pembahasan tingkat lanjut tentang pembuatan template WordPress.

Website terdiri dari banyak elemen, diantaranya adalah header, sidebar, footer, dan seterusnya, istilah-istilah tersebut merupakan istilah umum, Anda bisa mengubah istilah tersebut sesuai dengan apa yang Anda inginkan, istilah-istilah tersebut nanti yang akan kita pakai untuk menstyling website dengan CSS.

Mengenal-Elemen-Elemen-Website

Dalam hal ini Saya telah membuat susunan elemen web menjadi  6 bagian. Untuk mengenal elemen-elemen website, Anda bisa melihatnya pada gambar di bawah ini:

Mengenal elemen-elemen website

kerangka
1. Hitam.
Elemen yang berwarna hitam Saya sebut sebagai body. kata “body”¬†nantinya akan kita gunakan ketika kita menstyling elemen body tersebut dengan CSS.

2. Brown.
Elemen yang berwarna brown Saya sebut sebagai outer-wrapper, yaitu wadah untuk menaruh header, sidebar, footer, dan elemen-elemen lain yang ada di dalamnya. kata “outer-wrapper”¬†nantinya akan kita gunakan ketika kita menstyling elemen outer wrapper tersebut dengan CSS.

3. Hijau.
Elemen yang berwarna hijau Saya sebut sebagai header, header biasanya digunakan untuk meletakkan judul website beserta deskripsinya. kata “header”¬†nantinya akan kita gunakan ketika kita menstyling header tersebut dengan CSS.

4. Orange.
Elemen yang berwarna orange Saya sebut sebagai main-wrapper, main wrapper biasa disebut sebagai wadah untuk menampung artikel, komentar, dan elemen-elemen lainnya yang ada di dalamnya. kata “main-wrapper” nantinya akan kita gunakan ketika kita menstyling main wrapper tersebut dengan CSS.

5. Biru
Elemen yang berwarna biru Saya sebut sebagai sidebar-wrapper, yaitu elemen untuk menampung widget dan elemen-elemen lainnya yang ada di dalamnya seperti form pencarian dan semisalnya. kata “sidebar-wrapper” nantinya akan kita gunakan ketika kita menstyling sidebar-wrapper tersebut dengan CSS.

6. Putih.
Elemen yang berwarna putih Saya sebut sebagai footer, footer digunakan untuk memberi keterangan tentang suatu template. kata “footer” nantinya akan kita gunakan ketika kita menstyling footer tersebut dengan CSS.

Setelah Anda mengenal elemen-elemen website, coba Anda pahami dan hafalkan semua istilah tersebut karena nantinya istilah-istilah tersebut akan kita gunakan pada tutorial berikutnya.

tHat’s it! itulah mungkin sedikit pembahasan dasar dalam mengenal elemen-elemen website, semoga dapat dipahami!

Tahapan lengkap cara membuat template WordPress bisa Anda lihat di http://kafeinkode.com/membuat-template-wordpress/ atau di http://wordpress.or.id/membuat-themes-wordpress

Kursus bahasa arab berkualitas

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Pingback: Membuat Template WordPress | KafeinKode

  2. agenwisatakarimunjawa@gmail.com'
    agen wisata karimunjawa

    Makasih gan infonya

    Reply
  3. Pingback: Mengenal Hierarki Template WordPress | KafeinKode

  4. Pingback: Mendesain Template | KafeinKode