Mengatasi Bug Pada Plugin WooCommerce JNE Free Version | KafeinKode

Kursus bahasa arab berkualitas

Mengatasi Bug Pada Plugin WooCommerce JNE Free Version

Anonim Mon, November 20, 2017 No Comments 89 views



Sebuah plugin yang mutlak dibutuhkan oleh semua pelaku bisnis online yaitu plugin WooCommerce JNE free version besutan agenwebsite.com. Plugin ini menawarkan fitur perhitungan pengiriman secara otomatis berdasarkan alamat yang diinput. Sebagai contoh, biaya kirim barang Jakarta-Cirebon menggunakan layanan reguler JNE adalah 14.000 rupiah, maka secara otomatis nilai tersebut akan muncul dan diikutsertakan dalam perhitungan total bayar apabila destination yang kita input adalah Cirebon. Cukup memuaskan dan sangat kita butuhkan memang, tapi sayangnya plugin ini yang versi gratisnya terdapat bug, sangat disayangkan sekali. Berangkat dari sinilah, saya akan coba menjelaskan tentang cara mengatasi bug pada plugin WooCommerce JNE free version ini.

Sebelum saya bahas mengenai cara mengatasi bug pada plugin WooCommerce JNE free version ini, saya akan memberitahu Anda semuanya bahwa plugin ini menurut saya dirasa kurang komplit karena fitur layanan yang tersedia hanya layanan reguler saja, tanpa bermaksud promosi, bagi Anda yang ingin mencoba fitur-fitur lainnya yang lebih komplit, sobat bisa mencoba versi premiumnya.

Mengatasi-Bug-Pada-Plugin-WooCommerce-JNE-Free-Version

Tidak panjang lebar, sekarang mari kita bahas cara mengatasi bug pada plugin WooCommerce JNE free version. Bug ini sangat-sangat mengganggu dan sangat tidak diharapkan keberadaannya, meskipun kelihatannya sangat kecil, tapi dampak yang didapat sangatlah besar. Bug ini akan mengkalkulasi semua item yang dibeli tanpa terkecuali, misal: Kita membeli satu barang dengan destination pengiriman yang kita input adalah Cirebon, pengiriman dari Jakarta, biaya pengiriman reguler Jakarta-Cirebon adalah 14 ribu rupiah, sampai sini masih baik-baik saja, plugin ini masih bekerja sebagaimana mestinya. Penyakitnya mulai muncul ketika kita membeli lebih dari 1 item, maka tarif ongkir akan secara otomatis mengalikan dengan jumlah item yang kita beli.
Mengatasi Bug Pada Plugin WooCommerce JNE Free Version
Misal: Kita membeli 3 item dalam satu waktu, so tarifnya normalnya jelas kan 14 ribu rupiah, berapapun item yang kita beli, selama dikirim dalam waktu yang sama ya tetap 14 ribu rupiah, alih-alih tarif ongkir tetap 14 ribu rupiah, ia malah mengalikan secara otomatis dengan jumlah item yang dibeli, walhasil tarif ongkirnya adalah 42 ribu rupiah, sangat mengganggu bukan? Kalo seperti ini keadannya, plugin ini layak pakai gak? Ya jelas nggak.

Sempat terpikir oleh saya untuk menggunakan plugin lain, tapi sayangnya saya sudah terlanjur sreg dengan plugin ini, akhirnya dengan berbekal sedikit pengetahuan saya di bidang programming dan WordPress saya mencoba melakukan sebuah teknik reverse engineering untuk memperbaiki bug yang ada di plugin ini dan menjadikannya bekerja sesuai ekpektasi.

Menit-menit demi menit saya lalui untuk memperhatikan dan memahami algoritma setiap baris kode, and finally, yap… I got it!! Ternyata hanya perlu menghilangkan beberapa kode saja untuk bisa membuatnya kembali bekerja dengan baik dan optimal. Untuk mengatasinya, sobat hanya perlu membuka file shipping-method.php , lalu carilah kode yang diblok dibawah ini

Mengatasi Bug Pada Plugin WooCommerce JNE Free Version
kemudian hapus. Selesailah sudah. Reload page sobat, lalu silahkan uji coba kembali, pastinya hasil yang didapat sudah sesuai ekspektasi.
Mengatasi Bug Pada Plugin WooCommerce JNE Free Version

Demikian semoga bermanfaat!

Kursus bahasa arab berkualitas

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *