Manakah Yang Lebih Aman, Wi-Fi Dengan Enkripsi WPA2/PSK Atau Wi-Fi Dengan Security Open Tetapi Menggunakan Login Page?

Saad Abdurrazaq Mon, January 19, 2015 No Comments 2,019 views
Manakah-Yang-Lebih-Aman,-Wi-Fi-Dengan-Enkripsi-WPA2/PSK-Atau-Wi-Fi-Dengan-Security-Open-Tetapi-Menggunakan-Login-Page?

Berbicara masalah eksploitasi dan keamanan Wi-Fi,Ā  jika Anda bertanya, manakah yang lebih aman, Wi-Fi dengan enkripsi WPA2/PSK atau Wi-Fi Dengan security open tetapi menggunakan login page? tentunya jawabannya Wi-Fi dengan enkripsi WPA2/PSK jelas lebih aman ketimbang Wi-Fi yang bersifat “Open” tetapi ketika user ingin browsing harus berhadapan dengan login page terlebih dahulu, Anda pasti sudah tahu bukan? manakala Anda pergi ke McDonalds atau suatu tempat terkadang Wi-Finya dikunci dengan halaman login.

nah, itulah… Bisa Anda lihat kan? Komputer Saya terhubung dengan ESSID mcdonalds, Pas Saya mau buka google eh, malah diredirect terlebih dahulu ke halaman login mcdonalds. MENYEBALKAN..!! hahahhaa

Berdasarkan pengalaman Saya, setelah mencoba untuk sedikit mendalami dunia wireless hacking, Saya bisa menyimpulkan bahwa menjebol enkripsi WPA2/PSK itu lebih sulit ketimbang menjebol login page pada Wi-Fi, untuk menjebol login page Wi-Fi hanya dibutuhkan waktu 5 menit saja dan tekniknya sederhana alias tidak rumit, namun ketika Saya mencoba untuk menjebol enkripsi WPA2/PSK dengan teknik yang sederhana bisa memakan waktu kurang lebih 2.5 jam-an, dan dengan waktu segitu tidaklah menjamin seseorang untuk berhasil menjebol enkripsi WPA2/PSK jika teknik yang dipakai adalah teknik yang sederhana, berbeda halnya jika teknik yang dipakai untuk menjebol WPA2/PSK adalah teknik dewa, enkripsi WPA2/PSK bisa dijebol hanya dalam waktu 2-5 menitan. ngeri bukan?? Inilah dunia hacking broo… jangan kaget!!

Bug Pada MAC Address

Jika kita orang networking tentunya kita gak asing dengan istilah MAC Address. ya, MAC Address kalo saya ibaratkan itu agak sedikit mirip dengan IP address. kalo IP address itu diibaratkan sebagai alamat rumah, sedangkan MAC address itu bisa kita artikan sebagai identitas dari suatu perangkat. CMIIW.. (sorry gan, jika memang penjelasan saya kurang pas atau gimana, soalnya saya bukan orang jaringan, tapi lebih ke newbie web developer. hehehe)

Dalam suatu kasus ada yang namanya istilah IP conflict pernah denger kan? yaitu IP yang sama yang berada pada suatu jaringan, biasanya menyebabkan salah satu atau mungkin kedua IP ini tidak bisa terhubung dengan jaringan. nah, inilah poin plusnya IP address bro, tidak bisa dibajak!! jika dibajak dapat terjadi IP conflict. Berbeda halnya dengan MAC address, MAC address bisa dicloning alias dibajak tanpa menimbulkan IP conflict. Inilah buruknya bug yang terdapat pada MAC address broo…

Nah, itu saja mungkin pelajaran yang bisa saya sampaikan, semoga kita bisa mengambil manfaat darinya. Sebenarnya masalah ini bisa dibilang “basi” dan sudah banyak orang yg tau, tetapi ini bisa bermanfaat bagi yang belum tau.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan.
salam kafeinkode.com

Is a web enthusiast from Indonesia. kafeinkode was created and written by Saad Abdurrazaq, it is built on WordPress. Love working with WordPress, programming, blogging, internet marketing, and all about computer soft skills.

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *