Kisah Inspiratif dan Motivasi Orang Sukses

Saad Abdurrazaq Wed, September 16, 2015 No Comments 1,174 views
Kisah-Inspiratif-dan-Motivasi-Orang-Sukses

Saya sebenarnya bingung mau ngasih judul tulisan ini apa? agar dicari dan dibaca banyak orang, akhirnya saya memutuskan untuk memberi judul artikel ini “Kisah Inspiratif dan Motivasi Orang Sukses”. Sobat semuanya, setiap orang pasti mempunyai pengalaman yang berharga dalam hidupnya, ada yang punya pengalaman dikejar dan digigit anjing, ada yang punya pengalaman kesasar di makkah dan masih banyak lagi, ngomong-ngomong dari segudang pengalaman yang ada di dunia ini, saya mempunyai salah satu pengalaman yang bisa dibilang begitu berharga, yaitu pengalaman saya dalam meniti karier di dunia IT. Dan pada kesempatan kali ini saya akan share sekelumit cerita atau kisah inspiratif dan motivasi orang sukses, juga pelajaran yang bisa diambil dari perjalanan saya mengenal dunia blogging dan komputer. Berikut cerita atau kisah inspiratif dan motivasi orang sukses yang saya sajikan pada artikel ini.

Pada waktu itu sekitar kurang lebih 5-6 tahun silam tepatnya di tahun 2010, tahun di mana saya bisa menghirup udara kebebasan, tahun di mana saya mulai mengambil pelajaran dari luasnya dunia ini setelah 6 tahun lamanya saya dikurung di pesantren, “dipenjara”, dan dididik dengan ilmu syar’i sesuai pemahaman rasulullah dan para sahabat.

Singkat cerita, di waktu itu saya masih melakukan pencarian jati diri, untuk mengetahui siapa saya sebenarnya? Who am I? Seberapa berharga kah saya ini? Atau memang saya diciptakan dengan penuh keanehan tanpa kelebihan? Karena memang pada waktu itu keadaan saya terlihat berbeda dengan orang-orang pada umumnya, tidak ada hal hal yang saya sukai di dunia ini, tak memiliki cita-cita dunia yang pasti, hiduppun terkadang masih mengikuti arus, arus hawa nafsu dan keinginan batin yang berubah-ubah. Suatu hari saya berada di ambang kebosanan dan kejenuhan, saya tak memiliki passion duniawi waktu itu, entah apa yang harus saya lakukan?

“Ngeblog aja ad!”.

Ujar salah seorang temanku yang baru saya kenal, ia menyarankan kepada saya untuk ngeblog. Dengan jiwa penasaran dan antusiasme yang sangat tinggi, saya pun langsung pergi ke warnet (karena pada waktu itu saya masih belum memiliki komputer, dan harga laptop pun masih mahal) dan saya pun mulai ngeblog. Detik detik saya lalui, saya masih menyimpan memori tentang ini, berikut kisah lengkapnya:

Mulai kenal blog dan internet lebih dalam.

Sejujurnya, saya sudah lama mengenal komputer sejak saya kecil umur 10 tahunan mungkin, dengan berbekal komputer bosok ber-OS windows 98, leletnya naudzubillah, saya masih tidak mengetahui apa yang bisa saya perbuat dan saya pelajari dari komputer bosok ini? Akhirnya saya tinggalkan begitu saja. Dan di tahun 2010, teknologi semakin berkembang dan komputer semakin canggih, saya pun mulai mengenal internet dan blog lebih dalam.

Dicemooh oleh teman-teman saya karena saya membaca buku hacking.

Saya masih teringat momen ini tepatnya pada tahun 2007 atau 2008 silam, ketika saya masih kelas 2 SMA, saya masih belum tau apa-apa tentang komputer, tetapi saya sudah membaca buku tutorial hacking milik teman saya, sontak mereka langsung mencemoohku dan menjadikanku bahan candaan. Tapi aku menanggapinya dengan santai, sambil berazam dari lubuk hati terdalam, “liat suatu waktu nanti saya akan menunjukkan kehebatan skill saya kepada kalian”, saya tidak peduli dengan omongan mereka, saya terus mempelajari dan terus memahami walau pada akhirnya saya tidak memahaminya juga, tak ada seorangpun yang mengajari saya, benar-benar menyedihkan. Namun seiring berlalunya waktu, logika saya semakin berkembang, saya terus belajar dan saya pun pada akhirnya benar-benar memahami isi yang ada pada buku itu.

Menghabiskan banyak uang dan waktu di warnet.

Ini salah satu perjuanganku yang sangat menyedihkan sob, semenjak saya mengenal blogging, saya sering menghabiskan waktu saya di internet untuk mempelajari blog dan komputer pada umumnya. Saya masih teringat, setiap sore dan setiap malam saya menghabiskan waktu saya di warnet, entah berapa banyak duit yang saya habiskan? Yang jelas sangat banyak sob, saya bahkan tidak bisa menyisihkan uang untuk menabung. Mengharukan… Hiks.

Banyak membeli buku-buku komputer.

Cerita menyedihkan lainnya dari perjuangan kerasku dalam mengenal komputer ini, saya menyisihkan sebagian uang saya untuk membeli buku-buku komputer di gramedia. Saya menganggap ini merupakan salah satu kebodohan dan keburukan yang telah saya lakukan, bagaimana tidak? Sobat bisa lihat, sebagian buku-buku komputer berbahasa indonesia di gramedia itu sebenarnya semuanya sampah, isi-isi yang ada di dalamnya sebenarnya bisa didapatkan secara gratis di internet, lantas kenapa saya tetap membelinya? Entahlah… Mungkin karena rasa ingin tahu dan penasaran saya terhadap komputer begitu besar sehingga saya tetap membelinya. Di masa-masa seperti ini saya mulai mengenal jati diri dan passion yang ada pada diri saya, namun saya masih belum benar-benar menyadarinya.

Mulai mengenal CSS.

Awal mula saya mempelajari komputer adalah dengan mempelajari CSS. Berawal dari masalah template blogger yang saya alami, saya terus mencari-cari template blogger yang sesuai dengan keinginan saya, saya menghabiskan banyak waktu untuk mencari template blogger yang sesuai dengan keingininan saya, detik demi detik, hari demi hari saya sudah hampir putus asa karena tidak mendapatkan template blogger yang saya inginkan, akhirnya saya memutuskan untuk membuat template blogger sendiri, sedikit demi sedikit saya mulai bermain-main dengan kode CSS, saya pun akhirnya terus mengembangkan skill desain web saya.

Memutuskan untuk menjadi web programmer dan blogger.

Berawal dari CSS dan blogging, saya pun akhirnya mulai mengenal internet dan komputer lebih dalam. Saya melihat pangsa pasar internet ini sangat menjanjikan untuk dijadikan lahan bisnis. Karena alasan ini, saya pun pada akhirnya memutuskan untuk menjadi web programmer. Saya mulai sedikit-sedikit mempelajari PHP dan JavaScript, sembari berlatih membuat aplikasi kecil-kecilan. Dan saya masih terus belajar sampai saat ini. Saya merasa perkembangan saya dalam mempelajari web programming cukup lambat. Kenapa? Karena saya kuliah double sob, dan saya mempunyai segudang kesibukan lainnya, namun hal ini ditanggapi beda oleh teman saya, salah seorang teman saya pernah berkata bahwa perkembangan saya dalam mempelajari komputer cukup pesat. Terlepas dari benar atau tidaknya penilaian teman saya, atau memang itu hanya omong kosong? Entahlah.. Tapi yang jelas saya terus bekerja keras mengasah skill saya.

Sempat berpikir untuk meninggalkan komputer sepenuhnya.

Di tengah-tengah perjalanan saya dalam mengenal komputer, saya sempat berpikir untuk meninggalkan komputer sepenuhnya. Saya pun pada akhirnya memaksakan diri untuk menjauhkan diri dari komputer sepenuhnya selama 2-3 tahun karena alasan tertentu. tapi entah mengapa setelah berlalu 2-3 tahun, tangan saya kembali gatel ingin memegang keyboard, mengetikkan code-code dan mempelajari komputer. Dan pada akhirnya saya memutuskan untuk terjun kembali ke dunia komputer.

Memutuskan untuk kuliah IT dan meniti karier di dunia IT.

Di waktu yang seperti ini saya sudah benar-benar mengenali passion duniawi saya, saya sudah sedikit demi sedikit mengenal jati diri saya dan siapa saya? Saya pun mulai memikirkan dan terus membangun masa depan. Asas dari semua itu adalah passion, passion saya ada pada komputer dan akhirnya saya pun memutuskan untuk kuliah komputer.

Dimarahi orang tua dan disuruh keluar dari kuliah IT.

Ini puncaknya sob, puncak dari segala masalah. Orang tua benar-benar tidak menyetujui saya menghandle kuliah dobel, karena pada waktu itu kan di samping saya kuliah IT, saya juga kuliah di LIPIA, saya handle dua-duanya dalam satu waktu. Saya benar-benar marah ketika saya sedang serius belajar lalu tiba-tiba ortu saya dua-duanya menghampiri saya lalu memarahi saya habis-habisan, menyuruh saya untuk keluar. Bagaimana tidak marah sob? Sobat bisa bayangkan, saya ini kuliah bukan untuk main-main, jauh-jauh hari sebelum saya memutuskan untuk menghandle kuliah dobel, saya sudah terlebih dahulu menimbangnya secara matang, jauh-jauh hari sebelumnya saya pun sudah mempelajari materi-materinya, biaya kuliah pun dari saya semuanya, dan saya sendiri yang mengurus semua berkas-berkasnya, tak ada seorangpun yang membantu saya. Jadi wajar dong, saya marah. Setiap orang yang diperlakukan seperti ini pastinya marah. Akan tetapi pada akhirnya, saya terus mendesak mereka dan mereka pun mengizinkan.

Terlibat pertikaian dengan teman-teman saya.

Ini yang paling dramatis sob. Sebelum saya memutuskan untuk menghandle dua kuliah, terlebih dahulu saya mengultimatum teman-teman saya untuk tidak melaporkan aktifitas saya di Jakarta, karena saya tahu, orang tua bakal marah dan tidak setuju dengan apa yang saya lakukan, namun sayang beribu ribu sayang, beberapa orang dari mereka tidak mengindahkan ultimatum saya, seperti tidak menghargai kerja keras saya, dan pada akhirnya kita pun terlibat pertikaian, sampai saat ini pun saya terus jaga jarak dengan mereka.

Menjadi salah satu mahasiswa yang mempunyai talenta di bidang programming.

Ini merupakan langkah awal pencapaian saya yang harus saya syukuri sob, saya termasuk dari salah satu mahasiswa yang mempunyai talenta coding yang mumpuni, ketika teman-teman saya masih belum terbiasa dan masih terbata-bata dengan logika coding, saya alhamdulillah sudah satu tingkat di atas mereka, sehingga ketika kelompok kita dihadapkan pada tugas develop aplikasi, saya sendiri yang menulis codenya dan mendevelop aplikasinya, sedangkan teman-teman saya lainnya yang mengerjakan dokumennya. Saya pun selalu berharap agar saya terus memanen buahnya, tidak berhenti sampai di sini saja, tapi sampai mati. Karena saya percaya, Allah itu maha adil, dan yang namanya hasil, selalu berbanding lurus dengan usaha, kita semua tau, orang-orang hebat semuanya dihasilkan dari kerja keras dan air mata. Adapun jika apa yang kita inginkan tidak tercapai dan hanya berhenti sampai di sini saja, maka kita harus menerimanya dengan ikhlas. Karena inilah dunia, keras dan penuh lika-liku, tak usah berkecil hati karena masih banyak peluang di luar sana.
Sobat pasti pernah mendengar pepatah yang berbunyi, “apa-apa yang diinginkan oleh seseorang, tidak semuanya tercapai. Sesungguhnya angin yang tidak diharapkan terkadang berhembus dan merugikan kapal”.

Itu saja yang bisa saya tuliskan tentang artikel kisah inspiratif dan motivasi orang sukses. Semoga sobat bisa mengambil hikmahnya. Demikian semoga bermanfaat.

Is a web enthusiast from Indonesia. kafeinkode was created and written by Saad Abdurrazaq, it is built on WordPress. Love working with WordPress, programming, blogging, internet marketing, and all about computer soft skills.

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *