Kapan Seharusnya Menerapkan SEO

Saad Abdurrazaq Thu, June 22, 2017 No Comments 162 views
Kapan-Seharusnya-Menerapkan-SEO

SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization merupakan sebuah teknik yang berguna untuk menjadikan setiap konten yang kita miliki ditampilkan pada halaman pertama search engine. Pertanyaannya adalah apakah SEO merupakan elemen penting yang harus diterapkan pada website? Berbicara mengenai keumuman website, maka secara mutlak, Ya, dikarenakan mayoritas orang di dunia ini mencari konten melalui mesin pencari, konten yang tampil pada halaman pertama pencarian berpeluang besar untuk dikunjungi dibanding konten yang terletak pada halaman-halaman selanjutnya. Namun yang jadi masalah adalah, kapan seharusnya menerapkan SEO dan internet marketing? Ini yang akan jadi pembahasan utama kita.

Pembahasan ini menyangkut blogger-blogger pemula yang terlalu terburu-buru menerapkan SEO dan internet marketing, menginginkan website mereka terkenal dengan seuprit konten yang mereka miliki.

Terburu buru menerapkan SEO dan internet marketing pada website yang baru berumur jagung dan masih memiliki sedikit konten adalah suatu hal yang salah kaprah yang seharusnya tidak kita lakukan. Ada beberapa alasan mengapa kita seharusnya tidak melakukan perbuatan tercela semacam ini

1. Konten adalah raja.

Konten bisa kita artikan sebagai produk yang bagus dan berkualitas, seperti inilah seharusnya konten dibuat. Namun apalah artinya sebuah produk yang bagus dan berkualitas tapi dari segi pemasaran zonk? Tidak ada yang mengetahuinya dan menggunakannya. Maka disinilah pentingnya kita menSEOkan konten yang kita buat. Ibarat kita jualan produk yang bagus dan berkualitas, kalau produk kita ingin dikenal dan disukai orang, ya pasarkanlah! Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan, bahwa SEO bukanlah pekerjaan pertama, pekerjaan pertama yang harus kita lakukan adalah membuat produk yang bagus dan berkualitas terlebih dahulu kemudian kita memasarkannya.

Banyaknya dan berkualitasnya konten membuat sebuah website menjadi terkenal dan fenomenal. Karena kontenlah website dikunjungi, karena konten pula website menjadi terkenal. Itulah alasan utama mengapa saya selalu menitikberatkan konten pada blog yang baru berumur jagung daripada SEO, yaitu dengan memperbanyak konten-konten yang bagus dan berkualitas. Dalam dunia SEO, satu atau beberapa produk yang berkualitas tidak memiliki jaminan untuk merajai mesin pencari, website yang memiliki banyak konten yang berkualitas akan lebih menarik pembaca dibandingkan sebuah website yang hanya memiliki sedikit artikel. Banyaknya konten yang berkualitas akan saling menguatkan artikel satu sama lainnya, sehingga dengan begitu konten konten yang kita buat akan semakin kuat dan dapat merajai mesin pencari. Karena itulah banyak para pakar SEO yang menganggap konten sebagai raja.

 

2. Tampilan blog

Meskipun konten adalah raja, tapi nampaknya hal tersebut belum bisa bekerja secara maksimal untuk menarik pengunjung tanpa tampilan blog yang indah. Tampilan blog yang nyaman, indah dan memukau dapat membuat pengunjung berlama-lama menikmati konten kita. Sangat disayangkan apabila konten-konten yang kita buat sangat bagus dan berkualitas tapi tampilan blog kita kurang eye catching sehingga membuat pengunjung tak ingin berlama-lama menikmati konten yang kita buat.

So, step kedua yang musti kita lakukan setelah kita menciptakan banyak konten yang berkualitas adalah mempercantik tampilan website, yaitu dengan melakukan customizing theme, baru kemudian melakukan SEO.

Jadi langkah-langkahnya adalah:

1. Ciptakan banyak konten yang berkualitas

2. Customizing theme yaitu mempercantik tampilan blog

3. Memasarkan konten yang kita buat dengan menggunakan teknik SEO.

Mirip dan persis seperti kita berbisnis atau memasarkan produk yang kita buat di dunia real. Sebelum memasarkannya tentunya kita akan berinovasi terlebih dahulu dengan membuat produk yang bagus, berkualitas dan disukai banyak orang, sebelum memasarkannya kita musti menyiapkan sebuah toko, untuk kemudian kita customizing toko tersebut agar nyaman dan eye catching di mata pengunjung, ketika dua langkah tersebut telah kita lakukan, baru langkah terakhir yang musti kita lakukan adalah memasarkan produk tersebut.

Demikian penjelasan secara global mengenai serba serbi blogging yang dapat saya sampaikan. Adapun detil penjelasan mengenai masalah ini sangat diperlukan pengetahuan mengenai dunia pemrograman dan komputer yang mungkin akan di sampaikan pada postingan selanjutnya.

Semoga bermanfaat!

Is a web enthusiast from Indonesia. kafeinkode was created and written by Saad Abdurrazaq, it is built on WordPress. Love working with WordPress, programming, blogging, internet marketing, and all about computer soft skills.

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *