Cara Menyimpan Password yang Aman | KafeinKode

Kursus bahasa arab berkualitas

Cara Menyimpan Password yang Aman

Anonim Thu, November 2, 2017 1 comment 135 views



Password diibaratkan sebuah kunci atau sesuatu yang sifatnya rahasia, tidak boleh diketahui dan tidak boleh dipegang oleh siapapun juga. Karena sifatnya yang privasi, maka kita harus mengetahui cara menyimpan password yang aman. Penyimpanan password dengan cara yang aman, akan membuat hidup kita lebih tenang dan lebih nyaman, akun-akun kita pun pada akhirnya terselamatkan dari tangan-tangan jahil, karena ada peningkatan privasi yang telah kita lakukan.

Kebanyakan orang salah kaprah dalam memanage password. Ada yang membuat password yang sangat mudah dengan tujuan agar mudah dihafal, sehingga mereka tidak mengikuti aturan-aturan pembuatan password yang disarankan. Hal semacam itu merupakan sebuah kesalahan yang sangat besar dan sangat fatal. Mengenai aturan-aturan pembuatan password yang disarankan, sobat bisa membacanya pada artikel saya tentang cara membuat password yang aman dan kuat 

Cara-Menyimpan-Password-yang-Aman

Password pada dasarnya bukan dihafal, tapi disimpan di suatu tempat, kemudian untuk menggunakannya cukup kita lakukan copy paste bukan dengan diketik. Memanage password dengan cara menghafal jelas bukan pilihan yang tepat. Pikirkan bagaimana jika kita mempunyai ratusan password, apakah kita akan menghafal setiap password yang berbeda? Ataukah kita akan menyamakannya untuk setiap akun yang kita punya agar mudah dihafal? Tidak. Sangat tidak logis dengan kita berfikir dengan pola pikir semacam itu. So, cara yang tepat untuk memanage password adalah dengan menggunakan tool  khusus yang diciptakan untuk itu.

Dalam urusan teknik penyimpanan password, ada banyak tool yang bisa kita dapatkan untuk menyimpan banyak password yang kita miliki, salah satu tool yang bisa saya rekomendasikan untuk menyimpan password adalah KeePass dan beberapa tool lain, detil mengenai tool untuk menyimpan password akan saya bahas pada artikel berikutnya.

Sampai sini kita sudah bisa mengambil kesimpulan bahwa cara menyimpan password yang aman adalah dengan menggunakan tool atau software yang khusus menangani itu. Cukup sampai sini? Belumlah cukup…

Ada beberapa langkah lagi yang berkaitan erat dengan itu. Karena kita berurusan dengan tool yang berupa software, untuk mengantisipasi terjadinya pencurian password, jangan pinjamkan laptop sobat ke teman manapun. Quote dari seorang Blogger benar-benar menegaskan tentang masalah ini, “Tidak ada orang yang benar-benar jujur di dunia ini, yang ada hanyalah hati yang bolak balik” (Sa’ad Abdurrazaq)

Satu langkah lagi yang tak kalah pentingnya, berinternetan lah dengan cara yang aman. Karena ketika kita menggunakan internet, kita sedang terhubung dengan jutaan komputer di seluruh dunia, kejahatan dunia maya sangat mungkin dilakukan dalam keadaan seperti ini. Itulah kenapa saya tegaskan agar sobat berinternetan dengan cara yang aman, salah satunya adalah dengan menggunakan VPN. Mengenai poin ini, saya akan jelaskan secara khusus pada artikel berikutnya.

See you next time…

 

Kursus bahasa arab berkualitas

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Pingback: Cara Membuat Password yang Aman dan Kuat | KafeinKode