Cara Menghapus Aplikasi di Laptop | KafeinKode

Kursus bahasa arab berkualitas

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

Anonim Thu, November 9, 2017 2 Comments 132 views



Menghapus aplikasi baik di laptop, PC maupun di smartphone sama halnya dengan menguninstall aplikasi tersebut. Hal tersebut sangat mudah dilakukan jika sistem operasi (OS) yang kita gunakan adalah Windows 10, 7 dan Linux. Bagi yang belum pernah menggunakan kedua OS tersebut, mungkin mereka tidak mengetahui bagaimana cara menghapus aplikasi di laptop Windows 10 Windows 7 dan Linux tentunya. So, mari kita bahas secara seksama mengenai cara¬†menghapus aplikasi di laptop Windows 10, Windows 7 dan Linux, kita juga akan membahas tentang cara¬†menghapus permanen aplikasi di laptop sampai ke akarnya. Let’s get started!

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai cara menghapus aplikasi di laptop, kita harus mengetahui bahwa tidak semua aplikasi bermanfaat buat laptop, ada begitu banyak aplikasi sampah yang terkadang terinstall di laptop dan harus kita hapus karena memenuhi kapasitas disk dan RAM yang membuat laptop menjadi lemot. Untuk meningkatkan kinerja laptop agar laptop menjadi ringan dan bisa bekerja lebih optimal, kita perlu menghapus dan menguninstall aplikasi-aplikasi yang tidak berguna tersebut.

Cara-Menghapus-Aplikasi-di-Laptop

1. Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 7
Untuk menghapus aplikasi di laptop Windows 7, kita bisa melakukannya dengan cara mengetikkan “uninstall program” di kotak pencarian, kemudian pilih “Uninstall Program”, selanjutnya pilih aplikasi mana yang ingin diuninstall.
Cara Menghapus Aplikasi di Laptop
Cara Menghapus Aplikasi di Laptop


2. Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 10

Mengenai cara menghapus aplikasi di laptop Windows 10, caranya seperti menghapus aplikasi di laptop Windows 7, hanya saja pada Windows 10 memiliki beberapa cara yang beragam. Ada beberapa cara yang bisa kita tempuh:

Melalui start menu

Menghapus aplikasi di laptop windows 10 melalui start menu merupakan cara tersimpel dan termudah yang bisa kita lakukan. Cukup kita ikuti tutorial yang dijelaskan pada gambar di bawah ini
Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

Melalui Settings

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop
Fitur settings pada Windows 10 memungkinkan kita untuk menghapus aplikasi di Windows 7. Cukup masuk Settings,¬†lalu navigasi ke¬†System ‚Äď App & features. Kemudian scroll kebawah dan klik salah satu dah pilih¬†Uninstall¬†pada aplikasi yang ingin kamu hilangkan.


3. Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Linux
Jika di Windows kita mendapati kemudahan dalam menghapus aplikasi, tapi di Linux tidak. Menghapus aplikasi di Linux cenderung rumit dilakukan bagi pemula, Linux tidak memberikan kemudahan dalam install dan uninstall aplikasi berdasarkan pengalaman pengguna, namun meskipun begitu, kita masih tetap melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Step 1:
Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka terminal, lalu ketikkan perintah sudo dpkg -list untuk melihat daftar aplikasi yang telah terinstall di sistem operasi linux sobat. Catat nama aplikasi yang terdaftar, sebagai contoh saya ingin menghapus aplikasi yang bernama VLC

Step 2:
Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

Setelah kita mengetahui nama aplikasi yang ingin kita hapus, selanjutnya buka terminal baru, lalu ketikkan¬†sudo apt-get ‚Äďpurge remove vlc jika terdapat dialog yang berbunyi “Do you want to continue? [Y/n]”, pilih Y kemudian tekan enter untuk dilakukan proses uninstall.¬† Jendela terminal jangan ditutup sampai proses uninstall telah selesai dilakukan.

Beberapa perintah yang bisa kita gunakan untuk menghapus aplikasi di linux. Gunakan perintah-perintah ini sesuai kebutuhan sobat:

sudo apt-get ‚Äďpurge remove vlc
Perintah ini digunakan untuk uninstall aplikasi sekaligus file konfigurasi yang terinstall di linux sobat. Perintah ini merupakan perintah yang bisa dipakai untuk menghapus permanen aplikasi di laptop sampai ke akar-akarnya.

sudo apt-get remove vlc
Perintah ini digunakan untuk uninstall aplikasi tanpa menghapus file konfigurasi yang terinstall di linux sobat. Kemungkinan yang bisa terjadi jika sobat menggunakan perintah tadi adalah konfigurasi dan berkas yang sifatnya sampah tidak ikut terhapus.  Untuk menghapusnya, sobat bisa menggunakan perintah di bawah ini:

sudo apt-get autoremove
Perintah ini bisa sobat jalankan setelah sobat selesai menguninstall aplikasi. Kita juga bisa menggabungkan dua perintah di atas menjadi kombinasi perintah seperti ini:¬†sudo apt-get purge ‚Äďauto‚Äďremove vlc

Untuk lebih meyakinkan bahwa aplikasi yang telah terinstall di Linux sobat sudah dihapus sampai ke akar-akarnya, kita bisa menambahkan perintah sudo apt-get clean
Kegunaan perintah ‚Äúclean‚ÄĚ adalah untuk membersihkan file yang berada di folder ‚Äú/var/cache/apt/archives‚ÄĚ. Karena setiap kali sobat menginstall atau memasang suatu program atau aplikasi maka berkas aplikasi yang telah terpasang tersebut akan tersimpan di direktori tadi dan tentunya jika dibiarkan maka akan terus menumpuk di harddisk, apalagi jika berkas tadi berisi aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan oleh sobat. Maka gunakanlah perintah tadi untuk menghapusnya.

Ada satu perintah lagi yang ingin saya bahas, yaitu mengenai perintah yang berupa sudo apt-get. Apa sebenarnya kegunaan dari perintah itu? Bagi para pengguna linux, perintah tersebut merupakan perintah yang sudah tidak asing lagi, perintah sudo sendiri yang berarti superuser do, adalah sebuah perintah untuk memerintah superuser memerintahkan tugas tertentu.

Sedangkan perintah¬†apt-get merupakan perintah yang digunakan untuk mendownload, instal atau uninstall suatu aplikasi menjadi lebih mudah dan cepat. Jika sobat ingin tahu secara lengkap apa saja yang bisa dilakukan dengan perintah ‚Äúapt-get‚ÄĚ ini, cukup ketik ‚Äúapt-get‚ÄĚ di terminal lalu tekan enter.

Demkian, tutorial lengkap mengenai cara menghapus aplikasi di laptop Windows 7, Windows 10 dan Linux yang bisa sobat terapkan

See you next time…

Kursus bahasa arab berkualitas

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Pingback: Cara Mematikan Antivirus Avast di Windows | KafeinKode

  2. Pingback: Cara Mematikan Antivirus Avast di Windows 7 | KafeinKode