Cara Mengatasi Error dan Problem Ketika Develop Aplikasi | KafeinKode

Kursus bahasa arab berkualitas

Cara Mengatasi Error dan Problem Ketika Develop Aplikasi

Anonim Sat, July 4, 2015 No Comments 1,242 views



Setiap programmer memiliki cara mengatasi error dan problem ketika develop aplikasi, namun pada sebagian programmer khususnya Saya sendiri, sensasi kenikmatan dalam membuat aplikasi akan lebih greget, lebih menantang dan lebih nikmat manakala kita mendapati error atau problem ketika kita coding atau mendevelop aplikasi. Bagaimana tidak menantang dan greget? wong setiap kita mendapati error tak jarang kita mengumpat dan mengatakan dari lubuk hati terdalam melalui mulut maupun hati “I HATE PROGRAMMING…!! I HATE PROGRAMMING..!!”, eh taunya setelah problemnya berhasil dipecahkan, langsung kita mengatakan “I LOVE PROGRAMMING!!” wkwkwkkwkwk
IMG-20150628-WA0005Nah, sobat… di situlah letak sensasi dan gregetnya ketika coding, ketika kita telah berhasil memecahkan problem yang kita hadapi, seketika itu pula kita langsung on fire, dan menjadi manusia yang paling bahagia sedunia. 😀
Itulah broo… Jadi programmer itu harus kuat mental, harus punya mental yang lebih kuat dari baja, cuz kalo kita gak kuat mental, kita bakal gak enak makan dan tidur, hiduppun ogah kali yak?! Ibarat kata orang, mati segan hidup pun tak mau. Hahahaha

Ok, kita lanjut ke pembahasan sebelumnya. Satu atau beberapa error dan problem yang kita hadapi mungkin tidak terlalu bermasalah dan mengganggu manakala kita berhasil mengatasinya dengan mudah dan cepat. Lalu bagaimana jika kita menghadapi trial dan error yang bertubi-tubi, berkepanjangan dan tak kunjung menemukan jalan keluar? Jika pada artikel sebelumnya kita telah menulis suatu artikel tentang penyebab mengapa coding sering trial dan error? Saya tuliskan berdasarkan pengalaman Saya ketika coding, mempelajari bahasa pemrograman dan mendevelop aplikasi, nah pada tutorial atau artikel kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang bagaimana cara mengatasi error dan problem yang kita hadapai ketika kita mendevelop aplikasi.

Cara-Mengatasi-Error-dan-Problem-Ketika-Develop-Aplikasi

Bagi Anda programmer pemula yang masih newbie ada beberapa langkah dan jalur yang harus Anda tempuh dan Anda lakukan ketika Anda mendapati suatu problem dan error. Berikut 6 cara mengatasi error dan problem ketika develop aplikasi yang biasa Saya lakukan ketika mendapatkan problem.

1. Copy paste error message yang muncul lalu gunakan sebagai kata kunci pencarian.
Ini merupakan langkah yang paling mudah, dengan hanya kita mengcopy paste error massage lalu mencarinya di google, maka kita akan mendapati banyak sekali artikel dan clue yang memberikan kita jalan keluar untuk mengatasi error yang kita hadapi.

2. Identifikasi problem yang dihadapi.
Dengan kita mengenali dan mengidentifikasi problem yang kita hadapi, maka secara tidak langsung kita telah mendapatkan satu clue yang bisa kita ibaratkan sebagai kunci utama untuk memecahkan suatu permasalahan.

3. Gunakan bahasa Inggris
Jika kata kunci berbahasa indonesia yang Anda gunakan tidak berhasil untuk mendapatkan clue, maka cobalah untuk menggunakan bahasa inggris, karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang dipakai oleh seluruh orang di dunia ini.

4. Gunakan teknik google hack
Google hacking adalah melakukan serangkaian aktifitas hacking dengan menggunakan Google untuk mendapatkan informasi-informasi berharga yang kita inginkan. Semisal untuk mencari letak directory listing dengan google cukup dengan menggunakan kata kunci “index of” yang pada umumnya ada di bagian title halaman directory listing. Cara lebih spesifik adalah dengan kata kunci intitle:index.of yang dapat menemukan kata “index of” pada bagian title sebuah dokumen web. Kita juga dapat menggunakan kombinasi seperti intitle:index.of “parent directory” untuk memastikan google menampilkan hasil pencarian berupa directory listing karena karena keyword parent directory juga biasa di temukan pada halaman directory listing.
untuk mengetahui lebih dalam tentang cara memaksimalkan teknik google hack bisa Anda cari di google.

5. Memainkan kata kunci (Keyword)
Salah satu ciri programmer yang hebat adalah yang pintar memainkan atau meramu keyword yang tepat. Eits… tapi tidak berhenti di sini! Programmer yang hebat bukanlah programmer copy paste, yang selalu mencari clue di goooogle lalu mengcopy paste kodenya. Tidak!! Usahakan jangan copy paste, tapi juga pahami logika, algoritma dan syntaxnya lalu tulis ulang. Yah, lama dong? Di dunia gak ada yang instan, bahkan mie instan sekalipun kita harus memasaknya atau minimalnya membuka plastiknya sebelum kita makan.

6. Jangan tanya di grup FB
Ini yang terakhir mungkin kedengaran agak aneh, mengapa? Karena pertanyaan-pertanyaan yang Anda sodorkan di mata programmer-programmer yang sudah ahli akan dipandang remeh dan tidak berbobot, sehingga ujung-ujungnya mereka akan merasa terganggu dan menyarankan kepada Anda untuk googling dan memberikan saran seperti yang telah Saya tuliskan di atas, bahkan tak jarang dari mereka yang pada akhirnya mereka membully Anda, padahal Anda sudah mencari kesana kemari di google dan tidak mendapatkan jawabannya.

Itulah mungkin 6 cara yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi error ketika coding. Intinya untuk menjadi programmer Anda harus mempunyai mental yang kuat dan jiwa yang penuh semangat dan pantang menyerah ketika menghadapi masalah.

Kursus bahasa arab berkualitas

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *