Bahaya Menyimpan Data data Pribadi di Komputer | KafeinKode

Kursus bahasa arab berkualitas

Bahaya Menyimpan Data data Pribadi di Komputer

Anonim Wed, May 25, 2016 No Comments 1,168 views



Mungkin masih banyak orang yang belum paham tentang keamanan dalam menggunakan internet dan komputer sehingga mereka tidak terlalu memperdulikan dan menganggap sepele akan bahaya menyimpan data data pribadi di komputer maupun gadget. Hal yang sebenarnya mereka anggap sepele dalam masalah ini, bisa jadi akan berakibat fatal jika mereka mengabaikannnya. Mengapa demikian?

Komputer saat ini sudah tidak lagi aman, penjahat-penjahat cyber sudah banyak berkeliaran di mana-mana, walaupun secara teknis saya sendiri tidak mengetahui bagaimana mereka melakukannya, tapi saya dan mungkin banyak orang sudah pernah menjadi korban kejahatan semacam ini. Kejahatan yang mereka lakukan adalah dengan menyusup ke dalam komputer dan gadget korban melalui internet, juga menyadap segala aktifitas pribadi kita di internet sekaligus mencuri semua data-data pribadi kita yang tersimpan di dalam komputer. Percaya atau tidak percaya, hal ini nyata dan benar-benar terjadi.

Bahaya-Menyimpan-Data-data-Pribadi-di-Komputer

Pernahkah terpikir di benak Anda bahwasanya internet merupakan sebuah tempat yang aman? Jika Anda menganggapnya demikian maka Anda sungguh salah besar dan belum layak menggunakan internet. Internet adalah tempat yang berbahaya, di mana antara komputer yang satu dengan yang lainnya di seluruh dunia dapat saling berhubungan dan saling mengakses. Keadaan semacam inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh hacker untuk menyusup ke dalam komputer dan menyadap segala aktifitas dan data-data user yang ada di dalamnya.

Tak usah panjang lebar, mengenai bahaya menyimpan data data pribadi di komputer, saya akan memberikan sebuah contoh tentang betapa mudahnya menyalin semua history, cookies, username dan password yang tersimpan di dalam komputer, bookmark page dan data-data sensitif lainnya dalam sekejap.

Dari video di atas, coba lihatlah! Itu merupakan salah satu cara dari sekian cara yang ada, masih banyak cara lain yang lebih sadis dan lebih brutal tentunya. Apakah Anda masih menganggapnya aman? Tak usah berkelit dengan mengatakan bahwa itu merupakan komputer pribadi dan hanya Anda sendiri yang memakai komputernya. Sekali lagi saya katakan bahwa pada umumnya setiap dari kita mengakses internet yang memungkinkan setiap komputer dapat berinteraksi dengan komputer-komputer lainnya.

Lalu bagaimana cara yang aman dalam menyimpan data-data pribadi? Penyimpanan terbaik untuk saat ini kita bisa menyimpannya di dalam flashdisk, atau harddisk eksternal dan menguncinya dalam suatu brankas yang tersembunyi yang hanya Anda pribadi yang mengetahuinya. Namun sebagaimana yang telah kita ketahui semuanya, bahwa di dunia ini tidak ada satupun yang sempurna. Sekalipun cara yang demikian ini terbilang aman, tapi ada satu kelemahan yang dibilang cukup menganggu. Bayangkan jika Anda setiap waktu membutuhkan data-data sensitif yang berada pada harddisk tersebut, begitu repotnya jika setiap waktu Anda mengetikkan username dan password setiap kali masuk ke akun-akun Anda. Jika akun yang Anda miliki hanya satu mungkin tidak jadi masalah, tapi bagaimana jika Anda memiliki ratusan sampai ribuan akun yang menuntut Anda untuk masuk ke setiap akunnya setiap hari? Bukankah hal ini akan sangat menyebalkan? Iya, memang .. Sangat-sangat menyebalkan. Tapi ya mau bagaimana lagi? Keamanan akan selalu berbanding lurus dengan ruwet dan kompleksitasnya sebuah sistem. Sama halnya ketika kita membuat aplikasi, semakin aman dan kompleks aplikasi yang kita buat, maka akan semakin rumit bin ribet kodenya. Semuanya memiliki konsekuensi, tinggal dijalani saja. Satu kata, tidak ada yang sempurna di dunia ini.

Itulah sedikit ulasan tentang bahaya menyimpan data data pribadi di komputer.

Kursus bahasa arab berkualitas

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *