4 Kemampuan yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Blogger

Saad Abdurrazaq Sun, September 20, 2015 1 comment 1,144 views
4-Kemampuan-yang-Harus-Dimiliki-Oleh-Seorang-Blogger

Hallo sobat semuanya,, pernah dengar istilah blogger sob? pasti pernah dengar kan? Pada dasarnya blogger merupakan sebuah istilah yang menyatakan hobi dan kesukaan seseorang pada dunia menulis, lalu dikarenakan luasnya dunia internet dan begitu menjanjikannya pangsa pasar internet untuk dijadikan lahan bisnis, banyak dari blogger yang juga merupakan seorang internet marketer, programmer, bahkan web designer, mereka tidak hanya memiliki keahlian blogging saja, tetapi mereka juga mempunyai kemampuan dan keahlian di bidang internet marketing, bisnis online, programming, dan juga web design. Lantas seperti apa karakteristik dan upaya-upaya yang harus dilakukan untuk menjadi blogger yang handal seperti yang disebutkan di atas? Setidaknya ada 4 keahlian dan 4 kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang blogger agar dapat menjadi blogger yang handal dan keren seperti yang disebutkan di atas, blogger yang multi talent.  Yuk, mari kita simak tips dan cara-caranya di bawah ini!

1. Memiliki kemampuan atau skill menulis yang baik.

Inilah kemampuan inti yang harus ada pada diri seorang blogger. Kembali pada istilah dasar blogger itu sendiri, yaitu seorang yang mempunyai ketertarikan untuk menulis dan berbagi, maka selayaknya skill ini wajib ada pada setiap blogger.
Bagusnya skill menulis yang dimiliki oleh seorang blogger akan memberikan dampak dan manfaat pada pembaca dan pengunjung pada umumnya, dan kembali pada blogger itu sendiri pada khususnya. Artikel yang disajikan dengan gaya bahasa yang menarik dan isi yang berbobot akan menarik banyak pengunjung dan membuatnya rela berlama-lama hanya untuk sekedar membaca dan menikmati isi yang tersaji di dalamnya, dengan begitu sang blogger akan merasakan imbas dan manfaat dari semua yang ia tulis berupa antusiasmenya pengunjung blog, dan tentunya dapat memberikan kuntungan tersendiri bagi sang blogger.

2. Memiliki kemampuan SEO yang baik.

Artikel-artikel berkualitas tidak akan ada artinya jika tidak ditunjang dengan skill SEO yang baik. Agar blog kita dikunjungi banyak orang, semua artikel yang kita tulis wajib diSEOkan. SEO yang merupakan kependekan dari Search Engine Optimization merupakan suatu teknik untuk memaksimalkan suatu website agar lebih dikenal dan lebih mudah dibaca oleh search engine, web yang semakin dikenal oleh search engine, semakin besar peluangnya untuk menduduki halaman pertama google, semakin banyak artikel kita yang nangkring di urutan pertama google, maka semakin besar peluang kita untuk mendatangkan banyak pengunjung.

3. Memiliki kemampuan bisnis online dan internet marketing yang baik.

Artikel-artikel berkualitas dengan pengunjung yang membludak rasanya kurang nikmat jika kita tidak bisa memonitizekan atau menguangkan blog kita. Di sinilah tujuan utama ngeblog, untuk meraup dollar agar kita bisa terus menerus berkarya. Bayangkan jika waktu sehari-hari yang kita habiskan untuk ngeblog tidak menghasilkan duit sepeserpun, capek-capek kita mencari ide, berjam-jam, berhari hari kita menyusun kata, beriktikaf sekian lamanya di depan layar komputer untuk membuat tutorial-tutorial berkualitas tapi hasilnya nol, kita tidak bisa menghasilkan uang sepeserpun, lantas kita makan dari mana? dari jalan apa kita menafkahi istri dan anak-anak kita? mencuri? TIDAK. Maka Di sinilah pentingnya memiliki kemampuan bisnis online dan internet marketing yang baik bagi seorang blogger. Dengan terus mempelajari teknik affiliator, adsense, mempromosikan jasa dan keahlian yang sobat miliki dan segudang skill dan peluang bisnis online lainnya disertai artikel-artikel yang berkualitas, dan juga visitor yang membludak, akan membuat sobat kaya raya dan bisa meraup uang sampai miliaran rupiah. Tapi sekali lagi, itu tidak mudah.

4. Memiliki kemampuan web development dan web design yang baik.

Kemampuan web development dan web design sebenarnya kemampuan yang bisa didapat dengan sendirinya seiring lamanya dan rutinnya sobat ngeblog. Bagaimana itu bisa terjadi? Saya akan jelaskan salah satu contoh kasusnya. Dulu, kurang lebih 5-6 tahun lalu, saya sempat nyicipin dunia ngeblog, karena di tahun itu internet belum sempat booming seperti tahun ini, saya masih merasa kesulitan untuk mencari theme atau template yang sesuai dengan keinginan saya, saya cari kesana kemari, berhari-hari saya mencarinya namun tetap saja saya tidak menemukan template dengan desain yang sesuai dengan keinginan saya, akhirnya saya memutuskan untuk mendesain template saya sendiri, dengan kemampuan web design dan web programmning yang terbilang masih nol, saya sempat merasa kesulitan untuk membuatnya, walhasil saya hanya bisa mengeditnya, namun seiring berlalunya waktu, semakin bertambahnya skill, semakin maju juga inovasi-inovasi yang kita buat tentunya.
Jika kita rinci sebenarnya masih banyak contoh kasus lain yang membutuhkan skill web development dan web design, oleh karenanya mengapa, skill web development dan web design itu harus ada pada setiap blogger, yaitu untuk memudahkan para blogger dalam memecahkan masalah-masalah yang akan dihadapinya.

Berdasarkan pengalaman saya ngeblog kurang lebih satu tahun setengah, Itulah mungkin yang bisa saya tulis dan saya share di sini tentang 4 kemampuan yang harus ada, 4 kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang blogger agar dapat menjadi blogger yang handal, harapan selanjutnya semoga bisa memberikan pencerahan bagi sobat-sobat yang ingin terjun ke dunia blogging, dan merasakan manis pahitnya ngeblog.

Dan yang terakhir, kabar baiknya bagi blogger pemula yang masih belum tau apa-apa, jika ingin terjun ke dunia blogging tidak disyaratkan untuk memiliki 4 kemampuan di atas, dengan sering berlalunya waktu dan menikmati proses, sobat akan mendapatkan keempat skill itu, tentunya secara bertahap. Lalu apa dong, syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh seorang blogger yang masih belum tau apa-apa tentang dunia ngeblog? Tentunya ada syarat-syarat dasarnya yang bisa sobat baca di http://kafeinkode.com/syarat-syarat-menjadi-seorang-blogger-yang-sukses/

Itu mungkin yang bisa saya sampaikan,
Semoga bermanfaat!

Is a web enthusiast from Indonesia. kafeinkode was created and written by Saad Abdurrazaq, it is built on WordPress. Love working with WordPress, programming, blogging, internet marketing, and all about computer soft skills.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Pingback: Syarat-syarat Menjadi Seorang Blogger yang Sukses | KafeinKode