3 Alasan Mengapa Profesi IT Merupakan Profesi yang Cocok Bagi Introvert

Saad Abdurrazaq Sat, October 3, 2015 2 Comments 1,362 views
3-Alasan-Mengapa-Profesi-IT-Merupakan-Profesi-yang-Cocok-Bagi-Introvert

Di pagi hari yang berbahagia ini, saya sempatkan untuk menulis artikel tentang 3 alasan mengapa profesi IT merupakan profesi yang cocok bagi introvert, dengan tujuan untuk memotivasi kawan-kawan saya yang sesama introvert agar mereka tidak berlama-lama berkubang di dalam lembah keputus asaan dan kesedihan, mereka harus cepat bangkit dan memandang luas dunia ini, karena hidup di dunia ini sepenuhnya adalah perlombaan, jika Anda tidak cukup cepat, maka Anda akan diinjak-injak.

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai masalah ini, saya akan menyertakan terlebih dahulu suatu quote menarik yang bercerita tentang karakter khas seorang introvert, bunyinya kurang lebih seperti ini:

Ada sosok penyendiri di antara orang-orang yang sedang bergumul. Ada sosok pendiam di antara sekelompok orang yang sedang berinteraksi. Ada sosok yang terlihat serius di tengah keadaan yang tenang. Ada juga sosok yang terlihat acuh di tengah suasana yang tegang. Sosok ini berbeda, tak seperti kebanyakan orang. Namun ia bukanlah pemalu ataupun seorang yang berpenyakit,  tetapi ia justru sedang memperhatikan. Ia senang menganalisa keadaan. Ia adalah seorang Introvert.

Sobat semuanya, mengingat di dunia ini 80% orang yang ada di dalamnya di dominasi oleh para ekstrovert, maka bagi para introvert, dengan sifat pendiamnya dan berbagai sifat lainnya yang tidak umum, mereka kerap kali terasingkan dan dianggap aneh oleh kebanyakan orang, kaum ekstrovert tidaklah sukar untuk dipahami oleh mereka yang introvert, karena ekstrovert menghabiskan banyak waktunya dengan banyak berbicara dan berinteraksi dengan orang lain, namun jalan tidak selamanya dua arah. Ekstrovert tak punya pemahaman yang cukup tentang introversion. Mereka menganggap bahwa rekannya ini akan selalu dengan senang hati menyambut baik dan membukakan pintu. Mereka tak bisa membayangkan bahwa ada orang yang perlu menyendiri; Sepanjang saya mencoba menjelaskan hal ini kepada mereka yang ekstrovert, saya tidak merasa mereka paham benar. Mereka mendengar sejenak, lalu kembali ”menggonggong” dan ”menyalak”.

Karena keberadaan mereka yang susah diterima dan dimengerti oleh publik, maka para introvert cenderung merasa terbebani, tak jarang saya dapati banyak dari mereka yang menyesali dan menangisi nasibnya, hal ini pun berlanjut dalam masalah karier, banyak dari mereka yang menganggap suram masa depannya, umumnya orang-orang introvert yang suka mengeluh dan berpikiran negatif seperti ini adalah mereka-mereka yang lemah dan belum mengetahui potensi yang ada pada diri mereka, beruntung di era yang sekarang ini teknologi informasi sudah semakin maju, semua aspek kehidupan kini sudah terkomputerisasi, ini merupakan kesempatan emas bagi para introvert untuk unjuk gigi dan menunjukkan karya mereka.

Tunjukkan kemampuan dan karyamu bahwa perkembangan teknologi di dunia ini sejatinya tidak akan pernah maju tanpa adanya peran dari orang-orang introvert, kita bisa melihat siapa itu Zuckerberg, Einstein, Bill Gates dan segudang orang-orang introvert sukses lainnya, mereka adalah seorang pemikir yang dalam, yang menjadikan dunia ini maju seperti sekarang ini, tanpa adanya mereka, bukan tidak mungkin dunia ini bisa semaju seperti sekarang ini. Berbanggalah bagi Anda wahai seorang introvert, karena sesungguhnya Anda memiliki potensi yang bisa Anda kembangkan dan Anda nikmati di era ini.

Berbicara tentang profesi IT ini, sekalipun IT itu orientasi kerjanya ada pada komputer, namun tidak semuanya bekerja sepenuhnya di depan komputer, profesi IT itu terbagi menjadi banyak bagian, ada yang orientasi kerjanya dengan melibatkan audience dan sosial secara langsung seperti guru IT, pembicara IT dan lain-lain, namun bukan ini yang saya maksud, tentunya bagian dari profesi yang saya sebutkan tadi tidak cocok dan tidak nyaman bagi orang-orang introvert, yang saya maksud di sini adalah profesi IT yang secara langsung bekerja dengan komputer tanpa melibatkan audience atau orang-orang di sekitarnya, contohnya seperti: Ahli keamanan komputer, programmer, web designer dan juga blogger, profesi-profesi tersebut lebih keren kan dibanding yang telah disebutkan pertama tadi? bagi orang-orang introvert pada umumnya termasuk saya sendiri memang profesi-profesi tadi terdengar lebih nikmat dan lebih disukai (Ahli keamanan komputer, programmer, web designer dan juga blogger), kenapa? Pasti ada alasannya. Saya memiliki alasan yang kuat untuk saya kemukakan di sini, sekaligus bisa dijadikan bahan pertimbangan dan renungan bagi kawan-kawan introvert lainnya, berikut 3 alasan mengapa profesi IT merupakan profesi yang cocok bagi introvert.

3 alasan mengapa profesi IT merupakan profesi yang cocok bagi introvert:

1. Tidak banyak bicara.
Karakteristik sejati seorang introvert adalah pendiam dan tidak banyak bicara, karakter seperti inilah yang dibutuhkan oleh seorang ahli keamanan komputer, programmer, web designer, blogger dan yang semisalnya. Profesi-profesi tadi bekerja dengan akal, kreativitas, logika dan algoritma, bukan dengan mulut. Selain pendiam dan tidak banyak bicara, kita juga bisa melihat karakter asli seorang introvert adalah to the point dan tidak bertele-tele, hal itu akan sangat bermanfaat dalam membangun suatu algoritma, karena sejatinya algoritma yang baik adalah algoritma yang simpel dan tepat mengenai sasaran agar komputer bisa memprosesnya dengan cepat bukan yang bertele-tele dan tidak karuan.

2. Membutuhkan pemikiran serta pertimbangan yang dalam dan detil, juga profesi IT merupakan profesi yang mewajibkan kita untuk banyak mikir.
Di samping seorang introvert adalah seorang yang pendiam dan tidak banyak bicara, ia juga merupakan seorang pemikir yang dalam jika Anda tau, ia suka menganalisa keadaan, dan apa-apa yang dilakukannya selalu dipenuhi pertimbangan. Ia lebih memilih membicarakan hal-hal substantif ketimbang obrolan ringan. Lebih suka membahas sesuatu yang berat seperti kehidupan, ide, atau tujuan hidup. Sebagai seorang introvert, saya sangat mengakui poin ini. Karena sifatnya yang penuh pertimbangan dan suka mikir hal-hal berat, introvert sangat cocok untuk meniti karier di dunia komputer, mengingat profesi komputer bukanlah profesi yang gampang, pusing dan butuh banyak mikir.
Dalam pengaplikasiannya di dunia komputer, kita bisa melihat bahwa untuk menciptakan suatu aplikasi yang sangat kompleks, kita terlebih dahulu harus berimajinasi dan berpikir secara mendalam, mencari ide kesana kemari untuk menemukan suatu konsep yang tepat, ketika konsepnya sudah kita dapatkan dan sudah kita buat secara matang, kita pun mulai membangun aplikasinya, dan dalam membangun suatu aplikasi, kita tidak bisa asal-asalan, pertimbangan keamanan adalah hal terpenting yang harus diperhatikan oleh programmer, di samping itu juga kita harus berkutat dengan rumitnya logika dan algoritma yang kita susun sebaik mungkin. Kalo Anda orangnya bukan tipe pemikir dan tidak suka memikirkan hal-hal berat macam ini, Anda pasti tidak akan menyukai kegiatan macam ini. Beruntung orang-orang introvert adalah orang-orang yang suka berpikir hal-hal berat secara mendalam, mereka cocok untuk menekuni pekerjaan semacam ini.

3. Jauh dari keramaian.
Ini yang paling disukai oleh orang-orang introvert. Mereka adalah tipe orang penyendiri, mereka mengisi energi mereka dengan menyendiri, berbeda halnya dengan ekstrovert, mereka mengisi energi mereka dengan berkumpul di tengah keramaian, bagi orang introvert, itu akan menguras habis energi mereka. Karena sifanya yang suka menyendiri dan butuh ketenangan ketika bekerja, tiga profesi IT yang telah disebutkan di atas tadi merupakan profesi yang sangat tepat bagi para introvert, ketiga profesi tersebut menuntut kita untuk fokus lebih dalam dan berpikir keras, tidak mungkin kan kalo dilakukan di tengah keramaian dan dibarengi ngobrol? Masa ngeblog diajak ngobrol, bikin aplikasi komputer di ajak ngobrol, nyari bug diajak ngobrol, jadi apa entar?

Itulah mungkin tiga alasan yang kuat, mengapa profesi IT merupakan profesi yang cocok bagi introvert? Harapan saya setelah anda membaca artikel ini, anda jadi termotivasi, bukan tambah down. Tertarik untuk menekuni profesi-profesi tadi? Jika iya, silahkan Anda baca artikel ini, itu jika Anda ingin jadi blogger yang sukses, namun jika Anda ingin menjadi programmer yang sukses, penuhi syarat-syarat ini.

Sekian,
Semoga bermanfaat.

Is a web enthusiast from Indonesia. kafeinkode was created and written by Saad Abdurrazaq, it is built on WordPress. Love working with WordPress, programming, blogging, internet marketing, and all about computer soft skills.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *