10 Keuntungan dan Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Ngeblog

Saad Abdurrazaq Tue, September 22, 2015 1 comment 1,304 views
10-Keuntungan-dan-Manfaat-yang-Bisa-Kamu-Dapatkan-Dari-Ngeblog

Banyak orang ngeblog hanya untuk sekedar iseng-iseng saja, ada di antara mereka yang ngeblog untuk berbagi dan menceritakan semua pengalaman hidupnya, ada juga dari mereka yang ngeblog untuk berbagi tips, tutorial dan keahlian yang mereka punya, bahkan ada juga yang ngeblog hanya untuk menuliskan curhatan-curhatan yang gak penting, ia jadikan blognya sebagai diary curhatan dia, semua keluh kesah dan kesenangan ia tumpahkan semua di blognya. Terlepas dari itu semua, ternyata di balik kita ngeblog terdapat segudang manfaat dan keuntungan yang besar lho! ada sekitar 10 keuntungan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari ngeblog, mau tau apa saja manfaat dan keuntungannya? Baca artikel ini sampai habis, ok?

10 Keuntungan dan Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Ngeblog

1. Melatih skill menulis kamu.

Tentu saja, ngeblog itu kan menulis, dengan seringnya dan intensnya sobat menulis di blog, skill menulis sobat akan terus berkembang, sobat akan terus belajar bagaimana menyampaikan wacana dengan baik, bagaimana menarik pengunjung dengan gaya bahasa memukau, bagaimana membuat suatu kalimat dengan bahasa yang tinggi sekelas bahasanya kahlil gibran misal dan segudang teknik menulis lainnya, menulis juga bisa memperbanyak kosakata sobat dan melatih kemampuan sobat dalam menyampaikan sesuatu dengan gaya bahasa yang variatif. Menulis juga ibarat pisau, semakin sering diasah semakin tajam, bukan semakin tumpul. Dan tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti sobat menjadi penulis profesional dikarenakan sobat sering ngeblog.

2. Berpahala.

Inilah tujuan utama dari ngeblog, ngeblog itu berpahala sob. Kita menuliskan artikel-artikel yang berisikan tentang tips dan tutorial bermanfaat, itu merupakan sebuah kebaikan, karena berarti kita telah berusaha membantu banyak orang untuk menemukan inspirasi, ide, dan jalan keluar agar mereka terbebas dari deretan masalah.
Sobat bisa bayangkan, di zaman sekarang ini internet sangat mudah diakses toh? Hampir semua orang di zaman ini kalo ada masalah apa-apa pasti larinya ke google, iya gak? Sekarang sobat bisa bayangkan, seandainya sobat memiliki ratusan artikel yang bermanfaat, semuanya nangkring di halaman pertama google, dan jutaan orang di indonesia atau bahkan di dunia berkunjung ke blog sobat untuk mengambil inspirasi serta manfaat yang terkandung di dalamnya, berapa juta pahala dari Allah yang akan sobat dapatkan? Banyak sekali sob! tak terhitung!! Oleh karenanya, pesan dari saya ikhlaslah ketika ngeblog, jangan jadikan tujuan utama ngeblog untuk cari uang, tapi jadikanlah tujuan utama sobat ngeblog sebagai hobi dan kesukaan untuk menolong sesama dan berbagi, adapun uang? itu akan mengikuti dengan sendirinya. Ada pepatah yang kurang lebih bunyinya seperti ini, pernah dengar sob?

“Kejarlah akherat, maka dunia akan mengejarmu”

Ya, dunia ini memang hina sob, semakin dikejar semakin mejauh, kita tidak akan pernah puas jika dunia kita jadikan sebagai orientasi utama kita, oleh karenanya, kejarlah akherat maka dunia akan senantiasa mengejarmu. Dan yang terpenting, ikhlas itu memang sulit tapi tetap harus terus diusahakan!

3. Mendapatkan skill komputer.

Karena ngeblog itu berkaitan erat dengan komputer, maka pastinya sobat dengan sendirinya akan mendapatkan skill komputer. Semakin sering sobat ngblog, maka semakin berkembang pula skill komputer sobat. Di antara skill komputer  terpenting yang bisa sobat dapatkan ketika ngeblog adalah, skill SEO, web development, ngetik keyboard dengan cepat, dan tentunya dari tiga skill tadi sobat akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang akan saya sebutkan di bawah ini.

4. Jadi paham seluk beluk internet marketing dan bisnis online.

Manusia memang tidak akan pernah ada puasnya, setelah skill SEO dan web development didapat, tidak cukup rasanya kalo tidak dibarengi dengan skill internet marketing dan bisnis online, bahasa kasarnya, buat apa kita punya blog bagus-bagus, visitor membludak tapi tidak bisa menghasilkan duit? Dan pastinya, keumuman para blogger di samping kegiatan mereka menulis dan menSEOkan artikel, mereka juga mempelajari internet marketing dan bisnis online untuk menambah pundi-pundi dollar mereka. Pasti itu, ini sudah keumuman dan sudah sering saya dapati blogger-blogger yang terus membicarakan dan meningkatkan skill mereka dalam hal ini. Karena yang namanya juga manusia ya, ijo matanya kalo udah liat duit 😀

5. Menjadi tenar dan terkenal karena ngeblog.

Jika sobat seorang penulis handal yang dapat menarik perhatian banyak orang, ditambah lagi jika sobat juga adalah seorang ahli SEO dan internet marketing yang handal, maka yang akan sobat dapatkan adalah sebuah pencapaian dan hasil luar biasa yang membuat sobat geleng-geleng kepala dan takjub, terlebih jika artikel yang sobat tulis semuanya menggunakan bahasa inggris yang fasih. Bbbeuhh,,, jangan tanya sob! Karya-karya sobat akan menjadi tenar dan terkenal karena ngeblog, tidak hanya karya-karyanya saja, tapi juga nama sobat, sobat akan mempunyai nama yang akan dikenang dan dikenal oleh banyak orang, kalo udah seperti ini ya kita tinggal panen aja, buahnya bisa sobat dapatkan pada poin-poin di bawah ini. Tapi yang namanya dunia sob, ada sisi negatif dan ada sisi positifnya, semakin sobat terkenal, maka semakin banyak juga yang membenci sobat dan hasad terhadap sobat, oleh karenya pada artikel selanjutnya saya akan menulis suatu artikel tentang “Mengapa Anda harus menyembunyikan identitas Anda sebagai pemilik dan penulis blog?

6. Mempunyai banyak penggemar.

Masalah penggemar ini pasti akan sobat dapatkan setelah sobat tenar dan terkenal karena karya-karya sobat. Gak usah jauh-jauh sob, lihat saja CR7, berkat izin Allah kemudian bakat sepakbolanya yang luar biasa, diserti usaha dan jerih payahnya, sekarang sobat bisa lihat akun facebooknya kini mempunyai penggemar lebih dari 100 juta. WOW… bayangkan betapa tercengangnya kita. Nah, itu di bidang olahraga, di bidang blogging pun sama sebenarnya, banyak blogger-blogger sukses yang tenar dan terkenal karena karya-karyanya, dan pada akhirnya mereka pun mempunyai banyak penggemar, salah satunya teman saya, ia seorang blogger dan juga ahli komputer, ia mempunyai kurang lebih 35 blog, dan di salah satu blog bahasa inggrisnya ia bisa mendatangkan visitor tetap 18.000 visitors perhari, bayangkan sob! Ia juga pernah mengatakan kepada saya bahwa ia bisa saja mendatangkan duit minimal $200 perhari dari blog-blognya itu. Dalam hati saya, EDAAANN!!!

7. Mendapatkan banyak relasi.

Membangun relasi itu penting, sekali lagi saya tekankan sangat penting! kita tidak bisa kerja sendirian, kita cuma punya dua tangan, dua kaki, dan dua mata, waktu kita pun terbatas. Oleh karenanya, mengapa kita perlu membangun relasi dan kerjasama untuk menjalankan bisnis kita. Dan di antara cara terbaik untuk mendapatkan banyak relasi adalah ngeblog. Secara otomatis, ketika kita sudah terkenal dan mempunyai banyak penggemar, dengan sendirinya kita akan dengan mudahnya mendapatkan banyak relasi.

8. Menjadikan blog kamu sebagai lahan bisnis.

Nah, ini yang dinanti-nanti sob… Menjadikan blog sebagai lahan bisnis. Tenar sudah, penggemar banyak, skill juga ada, ada satu yang kurang, blog sobat belum sobat jadikan sebagai lahan bisnis. Jadikanlah sebagai lahan bisnis sekarang sob, tunggu apalagi…?? Sobat bisa menjual jasa dan keahlian sobat dengan mempublishnya di halaman blog atau fanpage sobat, atau mungkin jika sobat menjual barang dagangan entah gorengan, bakwan, atau apalah, sobat juga bisa menawarkan barang-barang sobat di halaman blog sobat atu di fanpage sobat. Coba lihat CR7 sob, ketenaran dan penggemar sudah ia dapatkan, rasanya kurang sreg kalo gak dapet duit, akhirnya ia memaksimalkan momen ini untuk berjualan sempak, minyak wangi dan busana. Internet marketer, blogger, programmer dan para pelaku bisnis onlinepun demikan, mereka tahu apa yang harus mereka lakukan.

9. Ngeblog membuat kamu bersemangat.

Nah, kalo udah ada motivasi seperti ini kan jadi semangat ngeblog toh? pancingannya itu duit, kalo udah ngliat duit mata jadi ijo semua. Hahahaha Jadi gimana? setelah membaca artikel ini sobat mau memutuskan untuk jadi blogger, atau tetap diam di tempat tidur bikin pulau? ingat sob, saran saya… selama sobat masih berada di usia yang sangat produktif, bekerja keraslah seedan mungkin, lakukan semua kebaikan sebanyak mungkin, jadi nanti kalo udah tua tinggal matinya aja, sobat gak perlu menyusahkan orang lain.
Ada satu kisah menarik dari saya sob kalo memang ngeblog itu benar-benar membuat sobat bersemangat, ceritanya saya punya teman, teman saya ini memang ahli komputer dan blogger yang handal, saya gak tau kenapa dia ini bayar-bayar kuliah dan skripsi terus, saya tanya dengan sedikit guyon,

“ente sekarang jadi donatur tetap kampus yak? kok bayar-bayar kuliah terus?”

dia langsung tertawa gimana gtu. Kemudian suatu waktu saya mendapatinya mengerjakan skripsi, sempat meminta bantuan kepada saya, lalu saya tanya,

“Ente kok skripsi terus dari kemarin-kemarin?”

lalu ia menjawab bahwa skripsi itu skripshit, yang menyatakan kebenciannya terhadap skripsi, lalu ia berujar

“coba kalo skripsi itu kaya ngeblog, Aku semangat ngerjainnya”

Saya sendiri memang mengakuinya, kalo ngeblog itu memang mengasyikkan dan menjadikan semangat hidup kita nambah ribuan persen. Jadi jangan dikira, ngeblog itu kaya bikin skripsi, beda jauh sob! Ingin tahu sensasinya? silahkan coba!!

10. Ngeblog membuat kamu bahagia

Ya iya dong. ngeblog itu membuat kita bahagia, dari 9 poin yang tadi saya sebutkan, coba sobat kumpulkan semuanya, dan bayangkan ada pada diri sobat. Betapa bahagianya hidup ini… Gak usah jauh-jauh, itu kejauhan, yang deket aja. Cobalah sobat terus berkarya sepenuh hati, pastinya setelah sobat berkarya, sobat akan merasakan kebahagiaan, gak ada lagi yang namanya bosan, atau gak ada kerjaan, yang ada justru waktu malah semakin terasa berkurang dan berkurang. Waktu sehari 24 jam itu sama sekali sangat singkat sob, sobat pasti akan dikejar-kejar waktu nantinya.

Itulah mungkin 10 keuntungan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari ngeblog. Jadi gimana? berminat ngeblog? ini syarat-syarat dasarnya yang harus dipenuhi (http://kafeinkode.com/syarat-syarat-menjadi-seorang-blogger-yang-sukses/)

Semoga bermanfaat!

Is a web enthusiast from Indonesia. kafeinkode was created and written by Saad Abdurrazaq, it is built on WordPress. Love working with WordPress, programming, blogging, internet marketing, and all about computer soft skills.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Pingback: 4 Alasan Mengapa Kamu Harus Menyembunyikan Informasi Pribadimu di Blog | KafeinKode